Find Us On Social Media :

Agar Aman Saat Berbelanja Online, Ikuti 10 Tips dari ESET Ini

By Indah PM, Selasa, 18 Juni 2019 | 18:00 WIB

Kini Orang Indonesia Lebih Suka Beli Ponsel di Toko Online daripada Toko Ritel

Meningkatnya tren belanja online seyogianya juga dibarengi dengan kesadaran akan keamanan dalam bertransaksi via mobile.

Meski terbilang sebagai negara dengan pengguna internet terbesar di dunia, namun masih ada kesenjangan dalam hal kesadaran dan berperilaku yang sehat dan aman dalam menggunakan internet khususnya via mobile.

Yudhi Kukuh (Konsultan Keamanan IT PT Prosperita, ESET Indonesia) pun berbagi beberapa tips keamanan siber yang dapat digunakan semua orang untuk terhindar menjadi korban akibat diretas melalui eksploitasi WiFi dan tetap aman berbelanja online.

  1. Pembeli online harus menghindari penyimpanan informasi pembayaran di portal pengecer, untuk mencegah kemungkinan hilangnya data melalui pelanggaran data.
  2. Pastikan bahwa transaksi dilakukan pada jaringan aman dan bukan pada jaringan publik.
  3. Pembeli online juga harus selalu memastikan bahwa situs web tempat mereka melakukan transaksi aman, dan bahwa mereka ada di situs web resmi pengecer.
  4. Tautan dari banner iklan berpotensi menyebabkan pembeli online ke situs imitasi pengecer, yang dilakukan dalam upaya mencuri data pribadi dan keuangan.
  5. Untuk terhubung ke internet saat bepergian atau di tempat umum gunakan fitur hotspot ponsel pribadi.
  6. Jika benar-benar harus terhubung ke jaringan WiFi publik, pastikan untuk terhubung ke yang sah. Terkadang peretas akan membuat jaringan imitasi (kembaran berbahaya atau spoof) untuk menipu pengguna agar masuk ke jaringan dengan nama yang sama. Tidak ada salahnya untuk memverifikasi dengan fasilitas yang tepat untuk terhubung.
  7. Cobalah untuk menghindari masuk ke layanan sensitif seperti aplikasi perbankan, email atau transaksi online.
  8. Pertimbangkan untuk menggunakan layanan seluler ponsel cerdas pribadi, yang selalu lebih aman daripada WiFi umum.
  9. Gunakan layanan keamanan dasar seperti antivirus dan pertimbangkan VPN.
  10. Jika mencari perangkat lunak keamanan terkemuka, ada banyak yang bagus di luar sana yang mencakup hampir semua sistem operasi. Salah satunya, ESET Smart Security Premium yang melindungi perangkat Windows dan Mac dari ancaman dunia maya, dan meningkatkan peluang pemulihan jika perangkat hilang atau dicuri (Mac juga rentan terhadap malware/virus).