Find Us On Social Media :

Jangan Sembarang Menggunakan Medsos, Berikut Ini Tips Aman Ala ESET

By Indah PM, Sabtu, 22 Juni 2019 | 22:23 WIB

Ilustrasi baca berita dari media sosial

Internet dan media sosial telah menjadi kesatuan yang sulit dipisahkan. Biasanya pula, pengguna internet menggunakan kata sandi untuk mengamankan akunnya, baik itu e-mail maupun media sosial.

Sayangnya masih ada pengguna internet yang belum secara benar menggunakan kata sandi. Misalnya saja menggunakan kata sandi yang sama untuk platform yang berbeda, termasuk media sosial dan e-mail.

Untuk meningkatkan keamanan saat sedang beraktivitas di dunia maya, vendor sekuriti termasuk antivirus asal Slowakia, ESET pun memberikan beberapa tips jitu untuk pengguna internet.

·     Hindari penggunaan kata sandi yang sama atau serupa di seluruh platform. Ini menempatkan semua akun Anda dalam risiko, seandainya kata sandi dapat ditebak.

·     Hindari penyimpanan kata sandi di peramban karena peramban tidak memberikan perlindungan jika seseorang menguasai perangkat fisik tersebut. Pengelola kata sandi atau password manager sangat direkomendasikan sebagai cara untuk mengelola kata sandi yang berbeda.

·     Berhati-hatilah saat menggunakan Wi-Fi publik untuk mengakses internet. Selalu mengambil beberapa tindakan pencegahan saat login, sebagai langkah preventif apabila penjahat siber membuat jaringan palsu untuk memikat orang yang tidak menaruh curiga. Ada beberapa cara untuk memastikan keamanan, seperti misalnya memeriksa apakah situs web menggunakan https, menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) atau tidak mengakses informasi sensitif saat terhubung ke publik Wi-Fi.