Find Us On Social Media :

SK hynix Luncurkan SSD NVMe Berdaya Rendah Baru untuk Enterprise

By Cakrawala, Senin, 24 Juni 2019 | 07:00 WIB

Menurut SK hynix, konsumsi energi menjadi faktor yang makin penting pada data center. Pasalnya jumlah energi yang bisa dihasilkan terbatas dan cara-cara yang dilakukan untuk mendapatkannya pun banyak yang masih menghasilkan polusi yang menggangu lingkungan. Diperkirakan seperlima konsumsi energi di dunia pada tahun 2025 adalah oleh data center. Menurut IBM, pada tahun 2012, setiap hari dihasilkan data sebanyak 2,5 miliar gigabyte. Melonjaknya data yang dihasilkan membuat kebutuhan akan data center makin tinggi. Salah satu komponen pada data center adalah media simpan yang mencakup SSD. SSD tersebut pun memiliki berbagai besaran konsumsi daya, termasuk yang berkinerja tinggi dengan konsumsi daya di atas 20 W. Nah, minggu lalu SK hynix meluncurkan SSD NVMe untuk enterprise barunya yang diklaim berdaya rendah.

Peluncuran SSD baru itu pun menandai keberhasilan SK hynix lainnya. Peluncuran tersebut juga menandai SK hynix sebagai produsen memori yang mendesain, mengembangkan, dan memproduksi massal sendiri semua komponen kunci untuk SSD, mulai dari NAND flash memory, DRAM, sampai controller, tidak hanya untuk produk konsumen tetapi juga enterprise.

"tidak hanya para cloud hyperscale, yang sudah mengadopsi NVMe sebagai antarmuka utama, melainkan juga para data center tradisional sedang merencanakan untuk melakukan transisi bersangkutan. Saya harap SK hynix akan unggul di market SSD untuk enterprise, terima kasih kepada performa terbaik di kelasnya untuk tawaran NVMe-nya," ujar Kim Samil (Vice President dan Head of NAND Storage Marketing, SK hynix).

SSD NVMe baru ini menggunakan 72-layer 3D NAND flash memory dan memiliki kapasitas sampai 4 TB untuk form factor M.2 serta sampai 8 TB untuk form factor U.2. Hadir dengan antarmuka NAND flash memory yang memiliki delapan kanal, SK Hynix mengklaim tawaran barunya itu memiliki kecepatan baca sequential sampai 3,2 GB/s dan kecepatan tulis acak sebesar 160.000 IOPS pada konsumsi daya 14 W atau lebih rendah. Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, SSD NVMe generasi kedua tersebut menawarkan kecepatan baca sequential yang lebih tinggi 30% dan kecepatan tulis acak yang lebih tinggi sampai 70%, keduanya pada kapasitas dan form factor yang sama.

Produk baru dari SK hynix ini sudah memulai kualifikasinya dengan penyedia layanan cloud dan produsen server global kelas atas. Sementara, produksi massalnya dijadwalkan untuk dimulai pada semester kedua tahun 2019.