Find Us On Social Media :

Pertamina Sukses Mendukung Desa Kertajaya Menjadi Desa Wisata

By Administrator, Sabtu, 29 Juni 2019 | 13:00 WIB

Ilustrasi Desa Kertajaya

Pada September 2018, Desa Kertajaya Creative Destination yang terletak di Kampung Sodong, Desa Kertajaya, Padalarang, Bandung, diresmikan sebagai desa wisata.

Potensi yang diunggulkan sejak awal adalah kreativitas masyarakat yang unggul dalam pemberdayaan home industry kerajinan.

PT Pertamina (Persero) melalui salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR), Pertamina Berdikari, turut mendukung pemberdayaan Desa Kertajaya Creative Destination ini.

Dukungan diberikan melalui beberapa kegiatan pengembangan potensi dan pemberdayaan masyarakat, antara lain Share Bag (kerajinan tote bag dari bahan kanvas ramah lingkungan), Kerajinan Turban Rasyailla (produksi turban, kerudung, dan ciput), Animasi (produksi seni animasi dan After Effect untuk production house, kartun, dan kebutuhan animasi lainnya).

Selain itu, ada pula Masebajaya (replikasi program CSR Pertamina Omaba–Ojek Makanan Balita–di Terminal BBM Ujung Berung yang menyediakan makanan sehat untuk warga Kertajaya dan pengunjung Kota Baru Parahyangan).

“Program CSR Desa Kertajaya Creative Destination ini bertujuan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dari segi ekonomi sehingga mampu mendukung peningkatan pendapatan per kapita dan kemandirian dalam menjalankan roda ekonomi desa di masa depan,” ujar Dewi Sri Utami, Unit Manager Communication & CSR MOR III.

Berkaitan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat, masih didukung oleh PT Pertamina (Persero), Desa Kertajaya Creative Destination berupaya melakukan cara yang ramah lingkungan.

Seperti, efisiensi penggunaan energi dan memanfaatkan wind turbine untuk sumber listrik ketika membuat Share Bag. Atau, upaya diet kantong plastik dan mereduksi hingga 8 juta sampah kantong plastik.

Berkat upaya menjalankan usaha dengan cara yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Bandung Group memperoleh penghargaan PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) Kategori Emas yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan telah diserahkan pada Malam Penganugerahan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) periode 2017-2018 oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar di Hotel Bidakara Jakarta pada 27 Desember 2018 yang lalu.

“Kami bersyukur kinerja perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat dan lingkungan mendapat apresiasi dari stakeholder. Kami berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk mengembangkan berbagai program yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar wilayah operasi,” tambah Dian Hapsari.

Di luar TBBM Bandung Group, TBBM Tanjung Gerem, TBBM Balongan, TBBM Cikampek, dan TBBM Jakarta Group juga memperoleh empat PROPER Hijau.