Find Us On Social Media :

Sambut Era Digital, Adira Insurance Lakukan Langkah Transformasi Ini

By Liana Threestayanti, Jumat, 5 Juli 2019 | 14:00 WIB

ki-ka: Donni Gandamana, Chief Operation and IT Officer , dan Julian Noor, Chief Executive Officer, menjelaskan transformasi digital yang dilakukan Adira Insurance.

Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) melakukan serangkaian langkah transformasi dalam rangka memberikan layanan terbaik kepada pelanggan di era modern digital saat ini.

Chief Executive Officer Adira Insurance, Julian Noor, mengatakan, di era modern seperti saat ini, perkembangan teknologi tidak bisa terelakkan. Hal ini terlihat dari tren penggunaan teknologi untuk transportasi, usaha ritel dan lainnya, tak terkecuali untuk jasa keuangan dan asuransi.

Adira Insurance memandang teknologi digital sebagai hal penting untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Perubahan perilaku masyarakat pun juga harus diperhatikan dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

Menurut Julian Noor, di sektor asuransi, perkembangan teknologi pun tidak terlepas dari keinginan masyarakat untuk mendapatkan layanan serba praktis. Masyarakat tidak ingin lagi terbebani dengan pengurusan klaim yang berbelit dan pendaftaran premi yang menyita waktu. "Sekarang semuanya ingin praktis sehingga penggunaan teknologi sangat dibutuhkan," ujar Julian.

Oleh karena itu, Adira Insurance terus meningkatkan produk dan layanan berbasis tekonolgi dengan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Adira Insurance melakukan transformasi layanan digital dari mulai hulu hingga hilir, yakni mulai dari informasi dan pembayaran produk, pengajuan klaim, hingga monitoring status pengerjaan klaim.

“Untuk menciptakan experience terbaik kepada pelanggan, Adira Insurance menyiapkan berbagai strategi, di mana kami adalah pionirnya,” ujar Donni Gandamana, Chief Operation and IT Officer Adira Insurance.  Salah satunya adalah pengembangan fitur Track Claim pada aplikasi Autocillin Mobile Claim (AMC). Dengan fitur tersebut di aplikasi AMC, pelanggan dapat melihat dan memantau status pengerjaan kendaraannya secara real time. “Jumlah pelanggan yang menggunakan fitur ini terus bertambah,” imbuh Donni.

Pada tahun 2019 ini, Adira Insurance juga terus mengembangkan software untuk monitoring status pengerjaan klaim unit kendaraan. Hingga saat ini, Adira Insurance telah melayani business partner untuk dapat melakukan monitoring status pengerjaan unit kendaraan.

Business partner dapat melihat secara langsung unit-unit yang sedang dalam pengerjaan klaim. Mereka akan mendapatkan dashboard yang tersambung ke aplikasi Monitoring Status Pengerjaan Klaim milik Adira Insurance. Masing-masing unit akan diketahui sudah sampai mana pengerjaannya secara real time. Ini menjadi keunggulan kami dibandingkan perusahaan lainnya,” jelas Donni.

Sepanjang tahun 2019 laporan klaim yang masuk menggunakan aplikasi Autocillin Mobile Claim sudah lebih dari 4.000 laporan setiap bulannya, atau mencapai lebih dari 95% total klaim kendaraan bermotor roda 4. Dan seluruh proses laporan dan follow up menggunakan satu sistem yang juga sudah terintegrasi dengan bengkel rekanan Adira Insurance.

“Tiap tahun, usage customer AMC mengalami peningkatan. Tahun ini, mencapai 76% meningkat dibandingkan pertama kali AMC diluncurkan, 2016, sebesar 17%. Ini artinya AMC semakin diterima pelanggan,” ujar Donni.