Find Us On Social Media :

AMD Umumkan Secara Resmi Kehadiran Ryzen Generasi Ke-3 untuk Desktop

By Cakrawala, Senin, 8 Juli 2019 | 19:26 WIB

AMD hari ini mengumumkan secara resmi kehadiran prosesor desktop mainstream terbarunya, Ryzen Generasi ke-3, secara global. Prosesor baru dengan codename Matisse ini diklaim menggunakan arsitektur baru Zen 2 serta menggunakan technology node baru 7 nm. Kombinasi keduanya membuat prosesor desktop mainstream AMD Ryzen Generasi ke-3 tersebut menawarkan kinerja yang lebih tinggi dari prosesor desktop mainstream AMD Ryzen generasi sebelumnya. Bersamaan dengan prosesor baru itu, AMD juga mengumumkan kehadiran kartu grafis Radeon RX seri 5700 secara global.

AMD menyebutkan peningkatan IPC (instructions per cycle) yang ditawarkan prosesor desktop AMD Ryzen yang menggunakan Zen 2 sebesar 15% dibandingkan prosesor desktop AMD Ryzen yang menggunakan Zen. Penggunaan technology node baru 7 nm sendiri membantu prosesor desktop mainstream AMD Ryzen Generasi ke-3 untuk menawarkan varian yang memiliki core dan thread lebih banyak dari generasi sebelumnya dengan TDP (thermal design power) yang tetap terjaga.

Sementara, kartu grafis AMD Radeon RX seri 5700 menggunakan arsitektur baru RDNA (Radeon DNA). Dibandingkan GCN (Graphic Core Next) yang digunakan pada kartu grafis AMD Radeon sebelumnya, RDNA diklaim menawarkan kinerja per clock sampai 1,25 kalinya dan kinerja per watt sampai 1,5 kalinya. Adapun technology node-nya menggunakan 7 nm. Berbeda dengan prosesor desktop, technology node 7 nm sebenarnya sudah digunakan oleh kartu grafis AMD Radeon VII yang telah meluncur lebih dulu.

"Kami bangga untuk menghantarkan aneka kartu grafis dan produk prosesor AMD Ryzen terbaru kami untuk membuat platform PC gaming terbaik dengan kinerja terdepan pada setiap titik harga," ujar Dr. Lisa Su (President and CEO, AMD). AMD berkomitmen untuk menggerakkan inovasi dan kompetisi pada pasar komputasi dan grafis untuk memberikan PC enthusiast, pemain gim, dan kreator pengalaman yang luar biasa dan nilai yang tidak tertandingi," sebutnya lagi.

Terdapat lima SKU (stock keeping unit) prosesor desktop mainstream AMD Ryzen Generasi ke-3 yang diumumkan kehadirannya, mulai dari AMD Ryzen 5 3600 sampai AMD Ryzen 9 3900X. Yang terakhir ini hadir dengan core berjumlah 12 dan thread berjumlah 24. Sebenarnya terdapat satu varian yang lebih tinggi lagi jumlah core dan thread-nya, yakni ADM Ryzen 9 3950X, tetapi ketersediaanya menyusul pada bulan September yang akan datang. Adapun varian tertinggi prosesor desktop mainstream AMD Ryzen Generasi ke-2 memiliki core berjumlah 8 dan thread berjumlah 16.

Sementara, kartu grafis AMD Radeon RX seri 5700 yang resmi diumumkan kehadirannya ada sebanyak tiga SKU. Ketiganya adalah AMD Radeon RX 5700, AMD Radeon RX 5700 XT, dan 50th Anniversary Edition Radeon RX 5700 XT.

Detail lebih lengkapnya mengenai AMD Ryzen Generasi ke-3 dan AMD Radeon RX seri 5700 yang diumumkan bisa dilihat pada tabel berikut.