Find Us On Social Media :

Amankan Data Anda dengan Secure Folder di Samsung Galaxy S10

By Cakrawala, Selasa, 9 Juli 2019 | 18:05 WIB

Penggunaan ponsel pintar di Indonesia yang untuk berbagai aktivitas, termasuk yang berhubungan dengan pekerjaan, membuat keamanan ponsel pintar menjadi hal yang penting. Tidak sekadar bisa terdapat berbagai data penting yang bukan untuk konsumsi umum di suatu ponsel pintar, akses ke database perusahaan pun bisa saja dimungkinkan melalui ponsel pintar tersebut. Oleh karena itu, ponsel pintar masa kini membutuhkan keamanan yang baik dalam hal penyimpanan data dan akses. Sebagai ponsel pintar andalan Samsung untuk kelas atas, Galaxy seri S10 dilengkapi dengan aneka fasilitas keamanan. Seperti umumnya ponsel pintar sekarang, Samsung Galaxy seri S10 mendukung metode penguncian/pembukaan penguncian memanfaatkan password, PIN, pattern, serta metode biometrik sidik jari dan wajah. Namun, Samsung Galaxy seri S10 mendukung pula fitur lain seperti Secure Folder dan Secure Wi-Fi.

Secure Folder bisa dibilang adalah suatu area yang lebih aman pada Samsung Galaxy seri S10 untuk menampung aneka file dan berbagai aplikasi yang Anda kehendaki. Anda bisa mengamankan data dan aplikasi dengan Secure Folder. Untuk bisa menggunakan fitur ini, Anda harus "mengaktifkannya" terlebih dahulu menggunakan Akun Samsung. Anda pun harus memilih metode penguncian/pembukaan penguncian terhadap Secure Folder. Pilihan metode penguncian/pembukaan penguncian itu mencakup password, PIN, pattern, dan sidik jari. Kunci yang digunakan tidak mesti sama dengan yang untuk ponsel pintar. Tak sekadar kunci tambahan, data dan aplikasi yang diletakkan pada Secure Folder pun akan dienkripsi.

Dengan Secure Folder, Anda menambahkan lapisan keamanan tambahan terhadap file dan aplikasi yang diinginkan pada Samsung Galaxy seri S10.

Anda bisa memindahkan aneka file yang Anda nilai penting untuk diamankan ke Secure Folder. Akses terhadap file tersebut selanjutnya hanya bisa dilakukan pada Secure Folder. Bila teman Anda meminjam Samsung Galaxy seri S10 sejenak misalnya, aneka file itu akan tetap terjaga karena berada di Secure Folder yang terkunci. Begitu pula dengan aplikasi yang ditambahkan ke Secure Folder, seperti halnya Instagram dengan akun yang berbeda. Untuk aplikasi, Anda juga bisa menambahkan aplikasi dari Store yang belum di-install di ponsel pintar secara langsung di Secure Folder. Dengan kata lain, aplikasi tersebut hanya tersedia di Secure Folder. Aplikasi untuk terkoneksi ke database perusahaan contohnya bisa diletakkan hanya di Secure Folder tanpa tersedia di luar area bersangkutan.

Secure Folder ini ditenagai oleh Samsung Knox. Mengutip Samsung, Knox adalah enterprise-grade mobile security platform. Samsung Knox dibangun sejak dari hardware bukan hanya di software, dan diklaim memiliki mekanisme pertahanan dan keamanan yang overlapping.

Sementara, Secure Wi-Fi adalah opsi untuk mengamankan koneksi Wi-Fi dengan memanfaatkan VPN. Seperti Secure Folder, Anda juga harus "mengaktifkannya" terlebih dahulu menggunakan Akun Samsung. Secure Wi-Fi yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy seri S10 ditenagai oleh McAfee. Tersedia kuota sebesar 250 MB secara gratis. Anda bisa menggunakan Secure Wi-Fi saat terkoneksi ke Wi-Fi yang kurang aman seperti halnya Wi-Fi publik. Tersedia pula opsi untuk melakukan hal tersebut secara otomatis. Anda pun tentunya bisa membeli paket lain sesuai kebutuhan.