Find Us On Social Media :

Bagaimana Memanfaatkan Wireless PowerShare di Samsung S10 Series

By Wisnu Nugroho, Jumat, 12 Juli 2019 | 06:00 WIB

Samsung PowerShare

Pada artikel sebelumnya, kami telah menulis soal keunggulan Wireless Charging 2.0 di Samsung Galaxy S10 Series. Namun bicara wireless charging, ada fitur unik di Samsung Galaxy S10 Series yang tidak dimiliki smartphone lain, yaitu PowerShare.

PowerShare pada dasarnya adalah fitur yang memungkinkan Samsung Galaxy S10 Series mengisi ulang perangkat lain. Jadi melalui PowerShare ini, Samsung Galaxy S10 berfungsi layaknya wireless powerbank untuk perangkat lain. Fitur PowerShare ini bisa digunakan seluruh perangkat yang kompatibel dengan teknologi Qi, termasuk jam pintar Galaxy Active maupun wireless earphone Galaxy Buds.

Fitur PowerShare ini memang memiliki beberapa keterbatasan. Pertama, daya yang dialirkan relatif kecil, yaitu 4,5 Watt. Kedua, isi baterai Galaxy 10 harus sedang di atas 30% untuk bisa melakukan isi ulang. Di bawah itu, fitur PowerShare tidak bisa digunakan.

Meski memiliki keterbatasan, kemampuan PowerShare ini akan berguna di kesempatan tertentu. Contohnya ketika baterai wireless earphone atau smartwatch habis di tengah perjalanan ke kantor, Anda bisa mengisi ulang dengan Samsung Galaxy S10. Apalagi jika mengingat Samsung Galaxy S10+ memiliki kapasitas baterai 4100mAh; sangat memadai untuk kebutuhan mendadak.

Cara Menggunakan PowerShare

Untuk mengaktifkan PowerShare, caranya terbilang mudah. Anda hanya perlu mengakses Quick Settings dengan menarik layar ke arah bawah. Di sana, akan ada pilihan Wireless PowerShare. Aktifkan fitur tersebut, dan di layar akan muncul cara menggunakan PowerShare ini.

Cara mengaktifkan Samsung PowerShare

Wireless charging bekerja saat sisi belakang Samsung S10 menempel dengan perangkat yang Anda ingin isi ulang. Jadi telungkupkan Samsung S10, lalu letakkan perangkat yang ingin diisi ulang di atasnya. Tempatkan perangkat di sisi tengah Samsung S10 yang menjadi lokasi komponen wireless charging.

Setelah itu, wireless charging pun bekerja. Perlu dicatat, PowerShare ini akan otomatis nonaktif jika dalam 30 detik tidak mendeteksi perangkat di dekatnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika lupa mematikan fitur PowerShare ini.