Find Us On Social Media :

Kian Serius Tantang Android, Huawei Patenkan OS Terbarunya "Harmony"

By Adam Rizal, Senin, 15 Juli 2019 | 06:00 WIB

Tantang Android, Huawei Patenkan OS Terbarunya

Beberapa waktu lalu, Huawei telah mendaftarkan sistem operasi (OS) pengganti Android yang bernama "Hongmeng" (di China) dan "Ark" (di Eropa).

Kini, perusahaan teknologi terbesar ke enam China tersebut kembali mendaftarkan satu nama OS baru sebagai tambahan dari dua OS tadi, yaitu "Harmony".

Nama Harmony OS sendiri diajukan Huawei ke kantor Hak Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) pada 12 Juli lalu. Sampai saat ini, permohonan tersebut masih dalam tahap pemrosesan. 

Dalam pengajuan paten tersebut, Huawei mencantumkan nama Harmony sebagai OS kategori "Class 9". Artinya Harmony merupakan OS yang dibuat untuk perangkat mobile dan komputer yang bisa diunduh (downloadable).

Kendati begitu, belum jelas apakah Harmony OS merupakan sistem operasi yang sama atau berbeda dengan Hongmeng OS. Bisa jadi, Harmony sebenarnya adalah nama lain Hongmeng untuk pasar di luar China. 

Huawei belum memberikan komentar resmi terkait nama Harmony OS ini. Seperti diketahui, Huawei sebelumnya juga telah mendaftarkan dua nama OS baru, yaitu Hongmeng OS dan Ark OS, sebagai antisipasi dari efek perang dagang antara AS-China yang mengancam mereka tidak bisa memakai OS Android dari Google.

Hongmeng OS disebut-sebut 60 persen lebih cepat dibandingkan OS "Robot Hijau". OS tersebut juga sudah diuji coba di kurang lebih 1 juta ponsel Huawei yang sebelumnya dikirim ke berbagai vendor rekanan Huawei.

Pihak Huawei sendiri telah mengonfirmasi bahwa OS Hongmeng akan tersedia pada akhir tahun ini, atau paling lambat awal tahun depan.