Find Us On Social Media :

2 Fitur Baru YouTube ini Bikin YouTuber Makin Tajir Melintir

By Adam Rizal, Kamis, 18 Juli 2019 | 15:30 WIB

Dear YouTuber! Inilah Tips Atta Halilintar dan Ria Ricis Supaya Subscriber Tembus 10 Juta

YouTube mengumumkan fitur terbaru Super Stickers dan Learning Playlists di gelaran VidCon yang berfungsi meningkatkan pundi-pundi pendapatan kreator konten dan membantu para kreator konten untuk makin terhubung dengan para penggemar.

Apa sebenarnya fungsi dari fitur Super Stickers dan Learning Playlists?

Fitur Learning Playlists berfungsi untuk mempromosikan penggunaan YouTube dari segi edukasi. Fitur Super Stickers melengkapi alat monetisasi Super Chat seperti dikutip TechCrunch.

Fitur Super Chat sendiri dirilis pada Januari 2017 dan memungkinkan penggemar membayar sejumlah uang untuk menampilkan pesan di bagian teratas selama premiere atau siaran langsung seorang Youtuber.

YouTube mengklaim, Super Chat sekarang merupakan saluran pendapatan nomor satu di hampir 20.000 kanal milik para kreator konten. Angka itu naik cukup signifikan dari tahun ke tahun dengan besaran 65 persen.

Sekedar informasi, ada 90.000 saluran telah menggunakan Super Chat dan sebagian kreator konten mendapatkan pemasukan lebih dari USD 400 atau sekitar Rp 5,6 juta per menit.

YouTube segera menghadirkan Super Stickers pada beberapa bulan ke depan. Penggemar bisa membeli stiker animasi selama siaran langsung berlangsung untuk menunjukan dukungan kepada kreator.

Kehadiran Super Stickers terinspirasi oleh Emotes dan Cheermotes di situs gaming Twitch Bits.

Fungsinya menghadirkan stiker animasi ke percakapan sebagai cara untuk mendukung siaran langsung kreator video.