Find Us On Social Media :

Lenovo Segera Hadirkan ThinkBook, Notebook Bisnis yang Stylish

By Cakrawala, Selasa, 23 Juli 2019 | 22:00 WIB

Inti Harsono (4P SMB, Lenovo Indonesia; kiri) berfoto bersama stakeholder Lenovo lainnya ketika pengumuman resmi kehadiran Lenovo ThinkBook di Indonesia beberapa waktu lalu.

Lenovo kemarin baru saja mengumumkan kehadiran lini notebook terbarunya yang diberi nama ThinkBook di Indonesia. Notebook yang masuk ke dalam jajaran ThinkBook merupakan notebook untuk bisnis yang hadir lebih gaya alias stylish dibandingkan notebook bisnis kebanyakan. ThinkBook diklaim Lenovo menawarkan berbagai fitur bisnis, tetapi hadir dengan tampilan yang tidak "seserius" lini notebook bisnis populernya. Kombinasi ini diyakini Lenovo bisa menjawab keinginan tenaga kerja masa kini – yang berdasarkan riset Lenovo hampir 60% adalah kaum milenial serta Gen Z – dan keinginan pelaku bisnis maupun perusahaan.

Ada tiga hal sehubungan notebook yang diyakini Lenovo menjadi yang diharapkan oleh kaum milenial serta Gen Z sebagai tenaga kerja, yakni stylish dengan kinerja superior, kemampuan untuk berkolaborasi, dan disediakan oleh pemberi kerja. Sementara, dari sisi pelaku bisnis maupun perusahaan, mereka mementingkan keandalan, keamanan, dan dukungan setelah pembelian yang prima.

"Sehingga Lenovo mengeluarkan produk ThinkBook ini, untuk memenuhi kebutuhan para millennials, di mana itu adalah laptop yang tepat, punya standar bisnis, tapi juga stylish," jelas Inti Harsono (4P SMB, Lenovo Indonesia).

Lenovo ThinkBook, tepatnya ThinkBook S, hadir dengan beberapa fitur andalan. Untuk tenaga kerja yang menggunakannya, Lenovo ThinkBook S menawarkan modern standby pada varian tertentu (memungkinkan notebook untuk tetap up-to-date meski pada kondisi tidur), bodi metal, bezel tipis (< 5,5 mm), engsel yang bisa berputar sampai 180 derajat, dan speaker dari Harman. Sementara, untuk pelaku bisnis maupun perusahaan, Lenovo ThinkBook S menawarkan opsi sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power, hot key Skype, chip TPM 2.0 tersendiri, penutup webcam, dan dukungan setelah pembelian kelas bisnis. Yang terakhir ini mencakup opsi perpanjangan garansi sampai lima tahun.

Selain menawarkan layar lebih besar dari Lenovo ThinkBook 13s, Lenovo ThinkBook 14s juga menggunakan kartu grafis tambahan AMD Radeon 540X.

Terdapat dua varian ThinkBook S yang segera dihadirkan oleh Lenovo, yakni 13s dan 14s. Lenovo ThinkBook 13s memiliki layar berkuran 13,3 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel dan mendukung Dolby Vision. Lenovo ThinkBook 13s hadir pula dengan dua pilihan prosesor, yakni Intel Core i7-8565U dan Core i5-8265U; tiga pilihan kapasitas memori utama DDR4, yaitu 4 GB, 8 GB, dan 16 GB; empat pilihan media simpan SSD, yakni PCI-Express 128 GB, 256 GB, 512 GB, dan SATA 256 GB; baterai 45 Wh yang diklaim bisa menenagai sampai 11 jam; dukungan koneksi populer seperti USB, Wi-Fi, dan HDMI; keyboard yang tahan terhadap tumpahan cairan; sistem operasi Microsoft Windows 10; serta bobot 1,34 kg.

Sementara, Lenovo ThinkBook 14s memiliki perbedaan utama dengan Lenovo ThinkBook 13s pada layar dan kartu grafis. Lenovo ThinkBook 14s memiliki layar berukuran 14 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel dan menggunakan kartu grafis tambahan AMD Radeon 540X 2 GB GDDR5. Bobotnya sendiri adalah 1,5 kg.

Lenovo ThinkBook 13s ditawarkan dengan harga mulai dari Rp16 jutaan dan sudah bisa di-pre-order sampai tanggal 1 Agustus 2019 di Lazada, Blibli, JD.ID, Shopee, dan Bhinneka. Lenovo ThinkBook 14s sendiri akan tersedia mulai bulan September 2019. Belum terdapat informasi mengenai harga notebook 14 inci ini.