Find Us On Social Media :

OJK dan BI akan Evaluasi Mitigasi TI Bank Mandiri yang Sempat Error

By Adam Rizal, Selasa, 23 Juli 2019 | 16:00 WIB

Kesalahan Sistem Bikin Saldo Nasabah Bank Mandiri Ludes

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko mengatakan BI akan mengevaluasi dan meneliti insiden errornya sistem Bank Mandiri, Sabtu, 20 Juli 2019.

"Pertama, masalahnya saat ini kan sudah back to normal, perlindungan konsumen sudah dilakukan. Ke depan tentu ya, saat ini diteliti dan evaluasi untuk improvement dan perbaikan ke depan," kata Onny.

Sementara itu Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, memastikan akan terus memonitor upaya mitigasi PT. Bank Mandiri terkait permasalahan teknologi informasi atau IT supaya kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari.

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Manajemen Strategis OJK, Anto Prabowo mengatakan perbankan harus memiliki dan menerapkan standar operasional yang baik. Jika gangguan sistem terjadi, maka bank harus memprioritaskan perlindungan konsumen terkait hak nasabah termasuk pemulihan layanannya.

"OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut," katanya.

OJK juga telah meminta Bank Mandiri melaporkan permasalahan yang terjadi dan langkah-langkah preventif yang akan mereka lakukan agar kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari.

OJK meminta semua bank untuk terus melakukan peninjauan ulang fungsi IT yang dimiliki secara berkala. Hal itu dalam rangka menegakkan tata kelola manajemen risiko operasional yang penuh ke hati-hatian atau prudent dan berjalan dengan baik.

"Hal ini merupakan bentuk upaya peningkatan pelayanan perbankan ke depannya dan mencegah agar permasalahan ini tidak terulang lagi ke depannya," tutur Anto.

Sudah Normal

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan pengaduan yang masuk ke perusahaannya sudah mereda setelah setelah adanya normalisasi sistem pelayanan perseroan. Saat ini, jumlah saldo nasabah dijamin sudah kembali seperti sediakala.

"Sudah reda," ujarnya.

Rohan memastikan layanan perseroan sudah kembali beroperasi normal pasca proses normalisasi saldo rekening nasabah. Layanan tersebut meliputi Mandiri online, internet banking, SMS banking, ATM dan EDC.

Sebelumnya, terjadi gangguan pada sistem Bank Mandiri pada kemarin pagi, Sabtu, 20 Juli 2019, hingga siang.

Akibatnya, terjadi perubahan saldo secara drastis kepada 10 persen atau sekitar 1,5 juta nasabah. Sehingga, para nasabah pun mengeluh melalui berbagai platform media sosial.