Find Us On Social Media :

HP Umumkan Perihal Kehadiran Notebook OMEN X 2S di Indonesia

By Cakrawala, Jumat, 26 Juli 2019 | 21:30 WIB

Hansen Wijaya (Consumer PC Lead, HP Indonesia, kedua dari kanan) berfoto bersama petinggi HP lainnya ketika pengumuman resmi kehadiran notebook gaming baru dari HP beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kemarin HP mengumumkan secara resmi perihal kehadiran beberapa notebook untuk gaming terbarunya di Indonesia. Ada tiga seri notebook gaming yang dihadirkan maupun segera dihadirkan HP di Indonesia, yakni Pavilion Gaming, OMEN 15, dan OMEN X 2S. Masing-masing seri ini ditujukan untuk target market yang berbeda, yakni casual gamer, enthusiast gamer, dan professional gamer. HP Pavilion Gaming dan OMEN 15 telah hadir sebelumnya, dan yang diumumkan ini adalah generasi yang baru. Sementara, OMEN x 2S merupakan seri yang benar-benar baru, dan di antara ketiganya, juga merupakan yang tertinggi. HP melakukan beberapa peningkatan pada Pavilion Gaming dan OMEN 15 baru yang diumumkan, serta menghadirkan sejumlah fasilitas unik pada OMEN X 2S. Tujuannya tentu untuk makin memberikan pengalaman yang terbaik untuk para konsumennya.

"HP terus berinovasi untuk bertransformasi pengalaman bekerja dalam kehidupan pribadi dan juga bermain. Ini adalah misi kami. Kami membuat strategi berdasarkan insight dari konsumen untuk memberikan pengalaman yang terbaik bagi masyarakat Indonesia," sebut Hansen Wijaya (Consumer PC Lead, HP Indonesia). "Hari ini, hari ini, kita fokus pada pengalaman bermain. Nah, di HP itu memiliki passion yang sama dengan konsumen terhadap gaming, yaitu mereka para casual gamers, mereka para enthusiast gamers, maupun professional gamers. Nah kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman gaming terbaik," ujar Hansen Wijaya lagi.

Dibandingkan generasi sebelumnya, HP Pavilion Gaming baru menawarkan ketebalan yang lebih tipis. HP Pavilion Gaming tahun 2019 ini memiliki ketebalan yang lebih tipis sekitar 8%. Selain itu, HP Pavilion Gaming baru juga menggunakan sistem pendingin yang telah ditingkatkan sehingga menawarkan kemampuan pendinginan yang lebih baik. HP mengklaim sistem pendingin Pavilion Gaming tahun 2019 menawarkan aliran udara yang meningkat sebesar 85% pada 39 dBA dan area lubang pembuangan panas yang lebih besar 172%, keduanya dibandingkan generasi sebelumnya. Sementara, untuk prosesor dan kartu grafisnya, HP Pavilion Gaming baru tersebut sudah memanfaatkan sampai Intel Core i7 Generasi ke-9 dan sampai NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti.

OMEN 15 baru juga hadir lebih tipis dari generasi sebelumnya. Dibandingkan OMEN 15 tahun 2018, OMEN 15 tahun 2019 memiliki ketebalan yang lebih tipis sebesar 18%. Meski lebih tipis, notebook baru dengan sasis yang keseluruhan dari logam ini pun tetap menggunakan komponen yang bertenaga. Sistem pendinginnya pun mengalami peningkatan. OMEN 15 tahun 2019 bisa memanfaatkan sampai prosesor Intel Core i7 Generasi ke-9 dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2070. Adapun sistem pendinginnnya antara lain menambahkan lubang pembuangan panas baru dan menggunakan kipas yang lebih bertenaga. Pada OMEN 15 tahun 2019, lubang pembuangan panas yang dimiliknya tidak lagi hanya di belakang dan bawah, melainkan juga di samping. Terdapat pula preset Performance pada Performance Control di OMEN Command Center yang bila diaktifkan diklaim HP bisa meningkatkan kinerja sampai 20%. Selain itu layar Full HD-nya juga bisa memanfaatkan yang memiliki refresh rate sampai 240 Hz.

OMEN X 2S hadir dengan layar kedua yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. HP mengklaim OMEN X 2S merupakan notebook gaming dengan layar ganda pertama di dunia.

Sementara, OMEN x 2S menawarkan fasilitas unik yang salah satunya adalah layar kedua. Layar kedua ini hadir di dekat keyboard dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti melihat sesi bermain game pengguna yang sedang di-stream secara langsung dan chatting dengan teman. Semuanya sambil sang pengguna tersebut bermain game di layar utama. HP mengklaim OMEN X 2S sebagai notebook gaming berlayar ganda pertama di dunia. Selain itu, OMEN x 2S juga telah menggunakan Thermal Grizzly Conductonaut untuk thermal grease-nya. Thermal Grizzly Conductonaut menawarkan konduktivitas panas yang jauh lebih baik dari thermal grease kebanyakan. HP mengklaim dengan Thermal Grizzly Conductonaut, OMEN x 2S bisa memberikan frame rate rata-rata yang lebih tinggi 28% pada Apex Legends dibandingkan thermal grease biasa. Thermal Grizzly Conductonaut ini ditemani pula dengan sistem pendingin yang telah memiliki tiga lubang pembuangan panas dan kipas yang lebih bertenaga seperti pada OMEN 15 baru. Adapun prosesor dan kartu grafisnya, OMEN x 2S memanfaatkan Intel Core i9-9880H dan NVIDIA GeForce RTX 2080 Max-Q.

Seperti peruntukkannya yang berbeda, ketiga seri notebook yang diumumkan ini pun memiliki kirasan harga yang tidak sama. HP Pavilion Gaming baru tentu ditawarkan dengan harga yang paling terjangkau, sedangkan OMEN x 2S dengan harga yang paling tinggi.

HP Pavilion Gaming baru dengan prosesor Intel Core i7-9750H, memori utama 8 GB DDR4-2666, kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 4 GB GDDR5, media simpan SSD M.2 PCI-Express 256 GB dan HDD SATA 1 TB 7200 RPM, layar 15,6 inci Full HD, audio B&O, serta Microsoft Windows 10 ditawarkan dengan harga Rp14.999.000.

OMEN 15 baru dengan prosesor Intel Core i7-9750H, memori utama 16 GB DDR4-2666, kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 6 GB GDDR6, media simpan SSD M.2 PCI-Express 512 GB dan HDD SATA 1 TB 7200 RPM, layar 15,6 inci Full HD 144 Hz, audio B&O, serta Microsoft Windows 10 ditawarkan dengan harga Rp23.999.000.

OMEN x 2S dengan prosesor Intel Core i9-9880H, memori utama 32 GB DDR4-3200 (XMP), kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 8 GB GDDR6 Max-Q, media simpan 2 SSD M.2 PCI-Express 1 TB (RAID 0), layar 15,6 inci Full HD 240 Hz, audio B&O, serta Microsoft Windows 10 ditawarkan dengan harga Rp64.999.000.

Baik HP Pavilion Gaming baru dan OMEN 15 baru telah tersedia di pasar dan memiliki opsi untuk spesifikasi lebih tinggi dengan harga yang juga disesuaikan. Namun, OMEN x 2S akan tersedia di pasar belakangan dan hanya memiliki satu varian spesifikasi. Pre-sale OMEN x 2S akan dibuka pada bulan September 2019.