Find Us On Social Media :

Unboxing Samsung Galaxy M30: Peningkatan Minor dari Pendahulunya

By Dayu Akbar, Jumat, 26 Juli 2019 | 09:00 WIB

Samsung secara resmi telah meluncurkan Galaxy M30 secara ekslusif di Lazada. Sebagai penerus Galaxy M10 dan M20 yang menyasar segmen entry-level, Samsung menyematkan beberap fitur andalan yang cocok bagi generasi milenial. Saat peluncurannya, kami berkesempatan mencoba smartphone yang dibanderol dengan harga khusus yaitu Rp2.999.000 ini.

Kotak penjualannya mirip dengan seri Galaxy M20, baik dari sisi desain maupun warnanya. Saat dibuka, Anda akan mendapatkan isi berupa 1 unit handset M30, kabel data dengan koneksi USB Type-C, adaptor yang support adaptive fast charging, earphone, kertas panduan, stiker IMEI, dan SIM ejector. Sayangnya, tidak ada free jelly case.

Sekilas, desain dan tampilannya juga tidak jauh berbeda dengan M20 yang pernah kami uji. Dimensinya hanya berbeda tipis dari sisi panjang, lebar, dan juga bobotnya. Layarnya cukup luas karena mengadopsi notch berbentuk bulat seukuran lensa kamera depan. Ukuran bezel di tiap sisi cukup tipis meski tidak setipis seri Galaxy S10. Untuk tombol kapasitif berada di dalam layarBeralih ke bagian belakang, penggunaan material plastik polycarbonate serta motif warna gradation black yang kami pegang masih sama dengan M20. Dengan lapisan glossy, permukaan ini mudah kotor oleh jari berminyak. Meski rata-rata smartphone kekinian kerap memiliki masalah yang sama. Untungnya ini mudah dibersihkan dengan cara dilap dengan kain kering.

Posisi sensor fingerprint masih sama dengan kebanyakan yaitu ada di bagian tengah agak ke atas. Sedangkan tiga kamera berada di sisi kiri atas dengan posisi vertikal dengan lampu flash di bagian bawahnya.Samsung menyematkan seluruh tombol fisik di sisi kanan yang terdiri dari tombol Power dan Volume. Untuk slot kartu, ada di sisi kanan. Menariknya, kompartemen di dalam slot bisa dipasang dua kartu SIM dan satu kartu memori tambahan secara bersamaan. Di sisi bawah, Anda akan mendapati lubang speaker, micro-USB, dan jack audio.

Beralih ke sistem operasinya, Galaxy M30 menggunakan Android 9 Pie. Tampilan antarmukanya menggunakan bawaan Samsung yang memiliki tampian minimalis dan tidak banyak bloatware. Kami sendiri sekilas mencoba menjelajah tampilannya dan memang pergeseran antar halaman terasa enteng. Untuk bagian notifikasinya menggunakan ikon berukuran besar sehingga cukup jelas terlihat. Ada dua halaman yang disediakan dan Anda bisa menyusunnya secara manual.

Pada aplikasi kamera, bagian depan menyediakan pilihan mode Live Focus, Photo, dan Video saja. Bagi yang suka stiker, Samsung menyediakannya di bagian atas kiri aplikasi. Untuk kamera belakang, pilihannya lebih banyak. Ada Panorama, Pro, Live Focus, Photo, Video, dan Continuous Shot. Tidak ketinggalan efek Sticker, Filter, dan Beauty. Oiya, kamera bermodal tiga kamera, aplikasi ini juga menyediakan pilihan mode HDR, Zoom 1x dan Scene Optimizer.

Samsung Galaxy M30 dipersenjatai dengan chip Exynos 7904 berbasis octa-core, RAM 4 GB, media simpan 64 GB, dan baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Tersedia dalam dua pilihan warna yakni Gradation Blue dan Gradation Black, Galaxy M30 dijual dengan harga Rp3.399.000. Namun khusus pada masa pre-order yang berlangsung mulai tanggal 25- 31 Juli 2019, seri ini mendapat potongan spesial menjadi Rp2.999.000.