Find Us On Social Media :

Alasan Samsung Hilangkan Tombol Khusus Bixby pada Galaxy Note 10

By Adam Rizal, Minggu, 28 Juli 2019 | 09:30 WIB

Tanpa Lubang Audio, Galaxy Note 10 Punya Headphone Berfitur Canggih

Saat merilis Galaxy S8 tahun 2018 lalu, Samsung memperkenalkan tombol khusus untuk mengaktifkan Bixby, asisten virtual andalan mereka. Sejak saat itu, tombol khusus Bixby ini rutin hadir di perangkat kelas atas Samsung.

Namun sebuah kabar baru menyebutkan calon flagship berikutnya, Galaxy Note 10, tak akan memiliki tombol khusus Bixby ini. Masalah tata letak yang membingungkan menjadi alasan utama Samsung menanggalkan tombol khusus tersebut.

Sekadar mengingatkan, pada Samsung Galaxy S8 Series, tombol Bixby diletakkan di sisi kanan ponsel, berdampingan dengan tombol Power. Posisi ini membuat pengguna sering salah menekan tombol. Niat hati ingin mematikan atau restart perangkat, malah Bixby yang menyapa.

Karena itulah pada Samsung Galaxy S9 Series, tombol Bixby ini diletakkan di sisi kiri, berdampingan dengan tombol Volume. Akan tetapi, posisi ini ternyata juga bermasalah. Banyak pengguna menyebut, posisi yang tepat berseberangan dengan tombol Power membuat tombol Bixby sering tidak sengaja tertekan. 

Gerutuan pengguna semakin nyaring karena Samsung awalnya agak kaku dengan mekanisme tombol Bixby. Fungsi tombol tidak bisa diganti untuk menjalankan aplikasi lain, hanya eksklusif untuk memanggil sang asisten virtual saja.

Untungnya, sikap Samsung agak melunak. Di lini ponsel Galaxy S10, tombol Bixby sudah bisa dipakai untuk membuka aplikasi lain. Bahkan pada Galaxy Note yang akan meluncur awal Agustus nanti, tombol Bixby boleh jadi akan sama sekali dihilangkan, sebagaimana ditulis Phone Arena.

Namun, jangan khawatir. Kalaupun tombol khusus ini hilang, Bixby masih bisa diaktifkan dengan perintah suara.

Bixby juga masih tersemat di wearable device milik Samsung seperti Galaxy Watch Active yang dirilis awal tahun ini.

Galaxy Note 10 dijadwalkan meluncur 7 Agustus mendatang dalam acara Galaxy Unpacked di New York, Amerika Serikat. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa akan ada dua model yang meluncur.

Masing-masing model juga tersedia dalam varian 5G.