Find Us On Social Media :

AMD Rilis Ryzen Generasi Ke-3 dan Radeon RX Seri 5700 di Indonesia

By Cakrawala, Rabu, 31 Juli 2019 | 19:40 WIB

AMD dan para partnernya berfoto bersama pada AMD Party yang merupakan perayaan akan kinerja komputasi tinggi yang ditawarkan produk-produk terbaru AMD, beberapa hari lalu di Jakarta.

AMD telah mengumumkan kehadiran Ryzen Generasi ke-3 untuk desktop dan Radeon RX seri 5700 secara global pada awal bulan Juli tahun 2019 ini. Nah, hari Senin lalu, AMD Indonesia pun resmi merilis Ryzen Generasi ke-3 untuk desktop dan Radeon RX seri 5700 itu di Indonesia, termasuk harga yang disarankannya. Pada acara yang disebut AMD Party berhubung merayakan tawaran kinerja komputasi tinggi yang dihadirkan kedua seri baru tersebut, beberapa partner AMD turut pula menampilkan aneka produknya yang mendukung prosesor Ryzen Generasi ke-3 untuk desktop maupun produk kartu grafis Radeon RX seri 5700-nya. Ada tujuh partner AMD yang berpartisipasi, yakni ASRock, ASUS, GIGABYTE, MSI, HIS, PowerColor, dan SAPPHIRE.

Seperti telah disebutkan di sini, AMD Ryzen Generasi ke-3 untuk desktop menggunakan arsitektur baru Zen 2 serta memanfaatkan technology node baru 7 nm. Kombinasi keduanya membuat prosesor desktop mainstream AMD tersebut menawarkan kinerja yang lebih tinggi dari prosesor desktop mainstream AMD generasi sebelumnya. AMD mengklaim peningkatan IPC (instructions per cycle) yang ditawarkan prosesor desktop AMD Ryzen yang menggunakan Zen 2 sebesar 15% dibandingkan prosesor desktop AMD Ryzen yang menggunakan Zen. Sementara, pemanfaatan technology node baru 7 nm membantu AMD Ryzen Generasi ke-3 untuk menawarkan varian yang memiliki core dan thread lebih banyak dari prosesor desktop mainstream AMD generasi sebelumnya dengan TDP (thermal design power) yang tetap terjaga.

Adapun kartu grafis AMD Radeon RX seri 5700 menggunakan arsitektur baru RDNA (Radeon DNA). Dibandingkan GCN (Graphic Core Next) yang digunakan pada kartu grafis AMD Radeon sebelumnya, RDNA diklaim menawarkan kinerja per clock sampai 1,25 kalinya dan kinerja per watt sampai 1,5 kalinya. Technology node-nya sendiri tentu menggunakan 7 nm. Pasalnya, berbeda dengan prosesor desktop, technology node 7 nm sudah digunakan oleh kartu grafis AMD Radeon VII yang telah meluncur lebih dulu.

Seperti di global, terdapat enam SKU (stock keeping unit) prosesor desktop mainstream AMD Ryzen Generasi ke-3 yang diumumkan kehadirannya di Indonesia. Seperti di global juga, lima sudah tersedia dan satu lagi menyusul pada bulan September 2019. Varian yang kehadirannya menyusul adalah varian tertinggi, AMD Ryzen 9 3950X, yang memiliki 16 core dan 32 thread. Sebelumnya, varian tertinggi prosesor desktop mainstream AMD Ryzen Generasi ke-2 memiliki 8 core dan 16 thread.

Sementara, untuk AMD Radeon RX seri 5700, terdapat dua SKU yang hadir di Indonesia dan sudah memiliki rupiah yang disarankan. Satu SKU lagi, 50th Anniversary Edition Radeon RX 5700 XT merupakan edisi khusus yang jumlahnya memang terbatas.

Informasi lebih lengkapnya mengenai SKU AMD Ryzen Generasi ke-3 dan SKU AMD Radeon RX seri 5700 yang dirilis AMD Indondesia beserta harga yang disarankannya, bisa dilihat pada tabel berikut.