Find Us On Social Media :

Apa saja Kecanggihan Chipset Ponsel Flagship Snapdragon 865?

By Adam Rizal, Kamis, 1 Agustus 2019 | 16:00 WIB

Khusus Ponsel Flagship 2020, Apa saja Kecanggihan Chipset Snapdragon 865?

Pabrikan chipset prosesor ponsel pintar terbesar di dunia Qualcomm akan meluncurkan prosesor terbaru dan tercanggihnya Snapradon 865 untuk ponsel-ponsel flagship tahun depan.

Chipset Snapdragon kelas premium pun selalu menjadi langganan ponsel-ponsel flagship mulai dari Samsung hingga Xiaomi.

Belum lama ini, Qualcomm belum lama ini melakukan upgrade terhadap prosesor tersebut menjadi SD855 Plus.

Qualcomm akan memproduksi Snapdragon 865 dengan teknologi Samsung EUV (ultra-violet), bukan FinFET TSMC yang digunakan untuk 855.

Qualcomm menggunakan teknologi TSMC untuk produksi chip sebelumnya karena perusahaan memiliki manufaktur 7nm dengan kemampuan skala besar sebelumnya.

Namun, Samsung kembali masuk dalam ekosistem dengan teknologi unggul. Teknologi Samsung tidak hanya akan mempengaruhi efisiensi jalur produksi tapi juga akan memiliki efek nyata pada kinerja chip baru.

EUV menjanjikan peningkatan kinerja 20-30% dan antara 30-50% peningkatan konsumsi daya.

Angka-angka itu selaras dengan ekspektasi keseluruhan mengenai Snapdragon 865. Peningkatan kinerja itu juga akan datang dari penggunaan desain inti CPU generasi terbaru Arm: Cortex-A77. Menurut Arm, A77 menawarkan peningkatan kinerja 20% dibandingkan Cortex-A76, yang merupakan basis untuk empat dari delapan core CPU Snapdragon 855.

Sama seperti pendahulunya, inti Cortex-A77 dirancang agar mudah dikombinasikan dengan inti Cortex-A55 yang dapat menangani tugas-tugas yang tidak terlalu menuntut.

Tentu saja, Qualcomm akan menempatkan twist pada core Cortex dan membuat core Kryo sendiri untuk chipset baru.

Ini berarti Snapdragon 865 CPU kemungkinan akan memiliki komposisi yang sangat mirip dengan 1 inti Kryo dengan clock lebih tinggi berdasarkan Cortex-A77, 3 core Kryo clock rendah berdasarkan pada desain yang sama, dan 4 core Kryo berdasarkan pada Cortex-A55.

Merujuk tahun-tahun sebelumnya, chip Qualcomm baru akan dirilis sekitar 5 Desember 2019. Artinya kita tidak akan melihat ponsel pertama yang akan membawanya sebelum awal 2020.

Samsung Galaxy S11 flagship kemungkinan akan menjadi beberapa smartphone pertama yang dirilis dengan chip baru karena mereka biasanya perdana menjelang akhir Februari.

Setelah itu, akan ada banyak jajaran handset yang diperkaya perangkat Snapdragon 865 untuk dipilih.