Find Us On Social Media :

GreyCortex, "Polisi" Pendeteksi Anomali pada Lalu Lintas Jaringan

By Indah PM, Jumat, 2 Agustus 2019 | 18:45 WIB

Vladimir Sedlacek (CTO GreyCortex)

Anda mungkin pernah mendengar berbagai olahan buah pisang, seperti pisang goreng, pisang bakar, kolak pisang, atau cake pisang. Meski diolah secara berbeda, tetap saja bahan utamanya adalah buah pisang.

Kira-kira seperti itulah polimorfisme yang juga terjadi pada malware. Sayangnya, tidak semua solusi sekuriti dapat mengenali atau mendeteksinya.

Malware siluman bahkan mampu melewati alat keamanan yang ada dan tetap tersembunyi selama beberapa minggu dan menyerang saat waktunya tepat.

Malware stealth atau malware siluman bahkan mampu menyamarkan dirinya untuk menghindar dari pendeteksian, bersembunyi dalam sistem dalam waktu lama sambil terus memanfaatkan celah kerentanan yang muncul untuk mencuri segala macam hal berharga yang dimiliki perusahaan.

Lebih jauh, malware siluman sering digunakan dalam targeted attack atau spionase, korban yang disusupi pun tidak akan pernah menyadari jika seluruh asetnya telah dijebol habis-habisan.

Namun kini ada satu teknologi yang dapat mengenali anomali yang terjadi, khususnya pada jaringan internet. Adalah GreyCortex, teknologi analisis lalu lintas jaringan papan atas yang diklaim dapat membuat malware siluman mati kutu. GreyCortex atau yang dijuluki "All Seeing Eye" inilah yang akan memberantas malware stealth atau malware siluman menjadi tak berdaya.

Chief Technology Officer (CTO) GreyCortex, Vladimir Sedlacek menuturkan, GreyCortex sebagai analisis lalu lintas jaringan tidak hanya digunakan untuk mengidentifikasi ancaman yang dikenal dan tidak dikenal ke jaringan, tetapi juga untuk memvisualisasikan setiap perangkat terhubung yang hadir dalam jaringan.

Dengan kata lain, Sedlacek yang juga warga negara Cheko ini menegaskan GreyCortex mampu mengidentifikasi hingga ke jenis perangkat yang digunakan dan menimbulkan anomali pada jaringan.

"GreyCortex menawarkan kepada pemerintah, perusahaan, dan pengguna infrastruktur canggih deteksi ancaman dan total visibilitas sehingga dapat menutup celah keamanan yang ditinggalkan oleh alat keamanan jaringan umum seperti SIEM, firewall, solusi endpoint, dan lain sebagainya," tutur Sedlacek.

Dalam prakteknya, Grey Cortex berjalan bersama solusi sekuriti ESET. Adapun peran GreyCortex sebagai bagian dari Technology Alliance dari perusahaan keamanan ESET.