Find Us On Social Media :

Kokohkan Eksistensi, Facebook akan Ubah Nama Instagram dan Whatsapp

By Wisnu Nugroho, Sabtu, 3 Agustus 2019 | 10:39 WIB

Facebook akan ubah nama Whatsapp dan Instagram

Facebook dikabarkan akan mengubah nama Instagram dan Whatsapp. Perubahan ini bertujuan menunjukkan posisi Facebook sebagai pemilik Instagram dan Whatsapp.

Nantinya, nama kedua aplikasi populer tersebut menjadi “Instagram from Facebook” dan “Whatsapp from Facebook”. Branding “from Facebook” ini akan muncul di dalam apps (seperti saat pengguna login) dan juga di apps store. Bertie Thomson, juru bicara Facebook, membenarkan kabar ini. “Kami ingin lebih transparan di layanan yang menjadi bagian dari Facebook” ungkap Bertie.

Sedikit menengok ke belakang, Facebook mengakuisisi Instagram pada tahun 2012 (dengan nilai US$1 miliar) dan Whatsapp pada tahun 2014 (US$ miliar). Meski telah menjadi pemilik kedua layanan tersebut, manajemen Facebook relatif memberikan keleluasaan bagi Instagram dan Whatsapp untuk bekerja secara independen.

Hal inilah yang menjelaskan mengapa banyak orang yang tidak tahu jika Facebook adalah pemilik Instagram dan Whatsapp. Survei yang dilakukan DuckDuckGo menunjukkan, hampir separuh warga AS tidak tahu jika Facebook adalah pemilik Instagram dan Whatsapp.

Di satu sisi, hal ini sebenarnya berefek positif. Ketika isu privasi dan penyalahgunaan data Facebook mencuat, citra Instagram dan Whatsapp relatif tidak terlalu terpengaruh. Namun di sisi lain, Mark Zuckerberg merasa publik menganggap remeh peran Facebook di kedua layanan tersebut. Padahal keberhasilan Instagram dan Whatsapp melejit menjadi layanan paling populer di dunia saat ini tidak lepas dari peran mereka.

Dengan penambahan “from Facebook” di dua nama layanan ini, efeknya pun akan seperti pisau bermata dua. Citra Facebook secara positif akan meningkat sebagai pemilik kedua layanan tersebut, namun bisa jadi akan membuat orang semakin waspada dalam menggunakan Instagram dan Whatsapp.

Tak heran jika karyawan Facebook dikabarkan kaget akan perubahan ini, seperti dikabarkan The Information.

Perubahan Besar

Belakangan ini, manajemen Facebook memang gigih menyatukan layanan mereka ke dalam satu payung layanan besar. Salah satu contohnya rencana mereka melakukan unifikasi fitur messaging di tiga layanan tersebut, sehingga pengguna Whatsapp bisa mengirim pesan ke pengguna Facebook dan Instagram. Saat ini, tim di balik fitur Direct Instagram juga sudah berada di bawah komando tim Facebook Messenger.

Pimpinan tertinggi Whatsapp dan Instagram saat ini juga tidak lagi dipegang pendirinya. Posisi mereka sudah digantikan eksekutif Facebook yang melapor langsung ke Mark Zuckerberg.