Find Us On Social Media :

Ingin Beli iPhone? Beli Sekarang, Karena Harga akan Naik Bulan Depan

By Adam Rizal, Senin, 5 Agustus 2019 | 11:30 WIB

Ilustrasi iPhone XS Max

Indikasi harga iPhone disinyalir bakal semakin mahal bulan depan. Hal ini tak lepas dari tweet Presiden AS, Donald Trump. Melalui sebuah tweet, pemimpin AS yang kontroversial ini mengumumkan penerapan pajak sebesar 10 persen ke produk-produk senilai 300 miliar dollar AS yang diimpor dari China.

Adapun penerapan pajak terhadap barang-barang impor dari China ini bakal berlaku bulan depan, tepatnya pada 1 September mendatang.

"Amerika Serikat, mulai tanggal 1 September, bakal menerapkan pajak tambahan sebesar 10 persen kepada barang dan produk senilai 300 miliar dollar AS yang diimpor dari China" ujar Trump di akun Twitternya.

"Ini belum termasuk (barang dan produk) senilai 250 miliar dollar AS yang telah kena pajak 25 persen," kata seperti dikutip CulftoMac.

Untuk diketahui, iPhone dan laptop termasuk dalam kategori barang impor senilai 300 miliar dollar AS yang disebut oleh Trump.

Apple pun memang mengandalkan rekanan manufakturnya di Negeri Tirai Bambu, Foxconn, untuk urusan memproduksi iPhone yang kemudian dikirim ke AS.

Dengan begitu, ada kemungkinan harga iPhone di AS akan lebih mahal jika penerapan pajak berlaku di kemudian hari. Apple pun terkena dampak langsung dari pernyataan Trump ini.

Harga saham Apple turun 2 persen setelah Trump menyatakan keputusan penerapan pajak ini.

Sebelumnya, Trump dan Presiden China, Xi Jingping, memang sempat bertemu di ajang konferensi G20 untuk membicarakan persoalan kesepakatan antar dua negara, salah satunya masalah pajak barang impor dari China ke AS.

Namun, dengan adanya keputusan dari Trump yang tampak memojokkan China ini, pembicaraan kedua kepala negara terkait kerja sama perdagangan ini boleh dibilang kurang berjalan dengan mulus.