Menindaklanjuti mitigasi padamnya menara pemancar sinyal (BTS), akibat pemadaman listrik di Jawa Barat, Jabodetabek, dan Banten, operator seluler Telkomsel telah menyiapkan rencana antisipasi.
Saat ini, perangkat pendukung untuk menstabilkan pasokan listrik ke seluruh BTS Telkomsel, seperti perangkat baterai dan mobile back up power/mobile genset sudah disiagakan di seluruh titik.
"Hal itu terutama untuk mengantisipasi jika akan ada rencana pemadaman listrik bergilir oleh PLN, di sejumlah titik lokasi," kata Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel dalam keterangan tertulis.
Sementara untuk transaksi aktivasi layanan Telkomsel, pelanggan diklaim tetap dapat memanfaatkan sejumlah fasilitas/fitur yang tersedia, seperti fitur layanan UMB, aplikasi MyTelkomsel.
Selain itu masih ada customer touch point Telkomsel, baik itu di GraPARI, Mitra Outlet, call center 188, hingga virtual assistant Telkomsel.
Saat ini layanan komunikasi Telkomsel diklaim berangsur pulih, yaitu layanan SMS, suara, maupun data, serta transaksi aktivasi diklaim Telkomsel sudah dapat diakses dengan normal secara bertahap, oleh pelanggan Telkomsel.
Telkomsel mengatakan berupaya semaksimal mungkin untuk mempercepat pemulihan layanan telekomunikasi di wilayah-wilayah terdampak.