Find Us On Social Media :

Solusi Qlue Berhasil Tingkatkan Pelayanan Publik dan Performa Bisnis

By Dayu Akbar, Selasa, 6 Agustus 2019 | 13:30 WIB

Teknologi telah mengalami perkembangan yang pesat dan mendorong para pelaku bisnis untuk berinovasi. Karena inovasi, khususnya di bidang AI dan IoT, telah mengubah cara kerja tradisional dalam mengambil keputusan atau melakukan bisnis.

Hal ini yang coba ditawarkan Qlue yang berkomitmen untuk memberikan ekosistem smart city yang memadukan kecerdasan buatan dan internet of things yang dapat meningkatkan produktivitas sekaligus efisiensi biaya operasional perusahaan.

Saat ini Qlue menawarkan berbagai solusi diantaranya QlueVision yang merupakan produk berbasis AI yang diimplementasikan pada sistem CCTV untuk memgenali obyek secara otomatis.

Ada pula QlueDashboard, suatu platform integrasi data yang memberikan laporan secara real-time. Ini berguna dalam membantu para pemimpin dalam mengumpulkan data dan mengidentifikasi masalah di lapangan secara cepat, efektif, dan akurat. 

"Berbagai solusi teknologi Qlue dapat mengurangi biaya operasional hingga 50%, meningkatkan produktivitas perusahaan hingga 300%, dan meningkatkan akuntabilitas tiap individu dalam setiap perusahaan," kata Rama Raditya, Founder & CEO Qlue.

Pemanfaatan Qlue

Manado sebagai salah satu kota yang telah memanfaatkan solusi Qlue selama satu tahun terakhir, berhasil meningkatkan pelayanan publik serta meningkatnya jumlah partisipasi publik yang menunjukkan kepercayaan publik terhadap pemerintah.

Posisi Manado yang terhubung langsung dengan 13 kota di Asia dan 19 kota di Indonesia, telah mendorong untuk bertransformasi menjadi smart city.

"Qlue menerima hampir 2.000 laporan dengan tiga laporan terbanyak antara lain masalah sampah, jalan rusak, dan iklan liar, dengan akumulasi sebesar 59% dari total laporan," kata Erwin Kontu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Manado.

Selain itu, Smartfren sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi berkolaborasi dengan Qlue dalam melakukan pengembangan bisnis membangun solusi smart city dan smart management. 

"Dengan banyaknya solusi yang ditawarkan saat ini, para pelaku bisnis harus bisa memilih solusi yang tepat dengan spesifikasi yang sesuai untuk kebutuhan bisnisnya. Smartfren bersama Qlue, berencana untuk melakukan kolaborasi dalam melakukan pengembangan bisnis untuk memaksimalkan produktivitas dan penghematan biaya,"  ujar Ronald Sipahutar, GM Enterprise Business Smartfren.

"Pengambilan keputusan harus dilakukan dengan cepat, efisien, dan akurat. Untuk itu dibutuhkan konektivitas dan analisis data yang kuat. Smartfren memadukan proses pengambilan keputusan dengan kemajuan teknologi," tutup Ronald.