Find Us On Social Media :

Empat Cara Supaya Facebook Tidak "Menguping" Percakapan Anda

By Adam Rizal, Jumat, 16 Agustus 2019 | 15:30 WIB

Facebook

Baru-baru ini Bloomberg melaporkan Facebook telah menstranskrip percakapan audio pengguna Facebook Messenger dengan mempekerjakan ratusan tenaga kontrak untuk mengerjakan hal itu.

Facebook beralasan, usaha mentranskrip percakapan ini bertujuan menguji kerja teknologi kecerdasan buatan (Artifical Intelligence) di laman jejering sosial terpopuler dunia itu.

Namun kecaman muncul karena Facebook tidak pernah menyebutkan jika mereka akan mentranskrip percakapan pengguna Messenger. Padahal, mentranskrip percakapan menjadi teks berpotensi melanggar privasi pengguna yang tidak pernah tahu jika percakapan mereka akan dianalisa oleh Facebook.

Sebenarnya, Tidak hanya Facebook yang dituding melanggar privasi pengguna. Apple dengan Siri-nya, Google dengan Google Assistant, bahkan Microsoft juga mendengarkan percakapan pengguna Skype, termasuk percakapan vulgar.

Jika Anda tidak ingin percakapan Anda di Messenger dianalisa Facebook, berikut empat tips yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari Today.

1. Pilih "tidak" (no) ketika muncul pertanyaan yang menanyakan apakah Anda ingin mengaktifkan suara ke teks untuk obrolan.

2. Cegah aplikasi Facebook mengakses mikrofon di ponsel Anda. Untuk iPhone, buka Pengaturan (Settings), lalu ketuk aplikasi Facebook dan matikan akses mikrofon.

3. Di ponsel Android, buka Pengaturan, lalu "Aplikasi dan pemberitahuan" (Apps & notifications) lalu pilih aplikasi Facebook, ketuk Izin (Permission), lalu mikrofon, lalu tekan "Tolak" (Deny).

4. Gunakan opsi "percakapan rahasia" (secret conversation) di Facebook, yang dienkripsi di kedua ujungnya dan tidak mungkin dituliskan dengan pesan suara.