Find Us On Social Media :

Intel Luncurkan Prosesor AI Pertama Spring Hill dengan Node 10 nm

By Adam Rizal, Kamis, 22 Agustus 2019 | 17:00 WIB

Intel Luncurkan Prosesor AI Pertama Springhill

Intel Corp mengungkapkan produk prosesor terbarunya Nervana NNP-I atau Spring Hill yang memiliki keunggulan dalam bidang kemampuan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk perangkat komputasi pusat yang besar.

Prosesor yang dikembangkan dalam fasilitas di Haifa Israel itu berbasis pada prosesor Ice Lake ber-technoogy node 10 nanometer.

Intel mengklaim prosesor Spring Hill itu punya kemampuan mengatasi beban kerja tinggi menggunakan energi yang minimal.

Facebook mengaku telah menggunakan prosesor AI milik Intel itu.

Intel mengatakan produk prosesor berkemampuan AI tersebut hadir setelah mereka berinvestasi di perusahaan-perusahaan rintisan asal Israel, termasuk Habana Labs dan NeuroBlade.

"Untuk meraih situasi masa depan ketika 'AI di mana pun', kami harus berurusan dengan jumlah besar data yang dihasilkan dan memastikan organisasi-organisasi telah berperangkat dengan apa yang akan mereka lakukan terhadap data itu," kata General Manager Grup AI Intel Naveen Rao.

"Komputer-komputer itu butuh akselerasi bagi aplikasi-aplikasi AI yang kompleks," ujar Rao seperti dikutip Reuters.

Intel juga menyatakan prosesor baru itu juga akan membantu prosesor Intel Xeon dalam perusahaan-perusahaan besar sebagai hal yang dibutuhkan bagi komputasi yang rumit dalam lingkup AI yang semakin meluas.

Comet Lake

Intel pun baru sajai secara resmi memperkenalkan anggota keluarga baru dari Core Generasi ke-10.

Seperti Ice Lake yang merupakan Intel Core Generasi ke-10 yang lebih dulu hadir, SKU (stock keeping unit) awal Comet Lake yang diperkenalkan pun seluruhnya ditujukan untuk notebook ataupun 2 in 1 yang tipis dan ringan maupun yang tanpa kipas.

Dengan kata lain, SKU awal Intel Comet Lake tersebut adalah yang seri U dan seri Y. Namun, aneka prosesor baru ini menggunakan arsitektur dan technology node yang berbeda dengan Intel ice Lake.

Intel Comet Lake masih menggunakan arsitektur yang serupa dengan generasi sebelumnya, Intel Whiskey Lake serta Intel Amber Lake Y, dan masih menggunakan technology node 14 nm yang sudah digunakan sejak beberapa generasi lalu, meski tentunya technology node 14 nm itu sudah mengalami beberapa perbaikan.

Intel Comet Lake menawarkan peningkatan berupa frekuensi kerja yang lebih tinggi dan jumlah core pada varian tertentu yang lebih banyak dari generasi sebelumnya.