Find Us On Social Media :

Gandeng Telkomsel, Blue Bird Integrasikan Layanan Berbasis IoT

By Adam Rizal, Selasa, 27 Agustus 2019 | 14:00 WIB

Taksi Blue Bird Bakal Usung Koneksi 4G LTE Telkomsel

Operator seluler Telkomsel bekerja sama dengan Blue Bird mengintegrasikan layanan Internet of Things (IoT) pada armada taksi Blue Bird.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada Senin di Jakarta.

Solusi IoT yang akan diadopsi Blue Bird adalah pengganti Fleety, yakni perangkat penghitung argo, serta penerima pesanan. Jika selama ini perangkat itu berbasis jaringan 2G, kini solusi IoT yang ditawarkan Telkomsel sudah mendukung 4G LTE.

Solusi IoT itu juga dilengkapi dengan fitur seperti argo meter untuk taksi dan pengiriman order penumpang.

Selain itu masih ada pelacakan posisi (GPS), komunikasi dengan penumpang dan operator pusat, termasuk pembayaran.

Perangkat ini juga terhubung langsung dengan kendaraan, sehingga mampu membaca data-data vital dari kondisi kendaraan dan mengirimkannya langsung ke sistem aplikasi Blue Bird.

Baca Juga: Begini Konsep Tampilan Iklan yang akan Tampil di Instagram Stories

Dalam keterangan tertulis, ekosistem IoT di armada Blue Bird ditargetkan diimplementasi pada 10.000 unit taksi, hingga 31 Desember 2019.

Secara keseluruhan potensi armada Blue Bird yang mengimplementasikan layanan IoT Control Center Telkomsel mencapai 25.000 taksi, di mana target tersebut akan dicapai pada Kuartal II tahun 2020.

Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini mengatakan, "Implementasi IoT Telkomsel ke dalam ekosistem digital Blue Bird merupakan perwujudan komitmen Telkomsel dalam mendukung visi Making Indonesia 4.0 dari pemerintah."

Sementara Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Noni Purnomo berharap IoT yang didukung oleh Telkomsel dapat menjadi solusi yang membantu Blue Bird mengakselerasikan produktivitas dan kinerja, sehingga mampu memberikan nilai tambah dalam melayani pelanggan.

Baca Juga: Kini Galaxy Note 10 Sudah Punya Fitur 3D Scanner, Ini Cara Pakainya