Find Us On Social Media :

Smart City Medan: Ciptakan Kota Cerdas yang Nyaman untuk Masyarakat

By Cakrawala, Jumat, 30 Agustus 2019 | 20:00 WIB

Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat, diperkuat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandara Internasional Kualanamu. Memiliki letak yang strategis, sebelah utaranya berbatasan langsung dengan Selat Malaka, membuat Kota Medan menjadi kota perdagangan, industri, dan bisnis yang sangat berperan penting di tanah air.

Kota Medan memiliki luas wilayah sebesar 265,10 km² dan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2016, penduduk Kota Medan sudah mencapai 2.229.408 jiwa. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa Kota Medan memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi yaitu 8.409 jiwa/km².

Dengan jumlah penduduk yang tergolong tinggi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan pun mulai mengimplementasikan konsep smart city yang diyakini dapat menjadi solusi cerdas untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pelayanan publik sehingga seluruh lapisan masyarakat Kota Medan nyaman.

Terkait pelayanan publik ini, sudah sejak 2017 lalu Pemkot Medan meluncurkan sebuah situs yaitu http://smartcity.pemkomedan.go.id/. Situs ini hadir untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan berbagai informasi dan pelayanan di Kota Medan. Di dalam situs ini, masyarakat dapat menemukan beberapa fitur yang mempermudah akses ke pelayanan seperti Pelayanan Perizinan, LPSE Kota Medan, Daftar Akte Kelahiran Online, E-STS, E-Perencanaan Kota Medan, Perhitungan Restribusi IMB, dan fitur-fitur lainnya.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui kegiatan atau aktivitas dari Pemkot Medan dengan mengakses berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, sampai YouTube dari tautan yang tersedia di halaman situs ini.

Pemkot Medan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada setiap masyarakatnya. Selain menghadirkan situs untuk mendukung smart city, Pemkot Medan juga telah menghadirkan berbagai aplikasi-aplikasi berbasis Android untuk mempermudah masyarakatnya. Sampai saat ini total sudah ada 67 aplikasi, baik yang bersifat publik maupun pemerintahan, yang ada di Medan Salah satu contoh dari aplikasi tersebut adalah Medan Rumah Kita.

“Aplikasi Medan Rumah Kita ini hadir sebagai wadah bagi masyarakat Medan untuk mengadukan berbagai keluhan yang dialami dan ditemui di sekitar kota Medan. Dengan menggunakan aplikasi ini, masyarakat Kota Medan tidak perlu repot lagi mendatangi kantor pemerintahan untuk sekedar mengadukan berbagai jenis persoalan. Semua jenis aduan dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini seperti pengaduan jalan rusak, lampu penerangan jalan yang mati, parkir liar dan berbagai aduan lainnya,” jelas Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si (Walikota Medan).