Find Us On Social Media :

Telkomsel Pasang Sensor IoT ke Truk Pengangkut BBM Pertamina

By Adam Rizal, Rabu, 4 September 2019 | 16:30 WIB

Telkomsel menanamkan solusi IoT Telkomsel Fleetsight ke moda transportasi pengangkut BBM Pertamina.

Telkomsel menanamkan solusi IoT Telkomsel Fleetsight ke moda transportasi pengangkut BBM Pertamina.

Berlokasi di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Telkomsel dan Pertamina melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) penanaman IoT Telkomsel Fleetsight ke lebih dari 1.800 unit kendaraan pengangkut BBM.

Dirut Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan layanan Fleetsight Telkomsel akan mendukung Pertamina Patra Niaga mengakselerasikan efektivitas dan efisiensi dalam operasional bisnis dengan tetap menjaga tingkat keselamatan operasionalnya.

"Di era Industri 4.0 perusahaan dituntut untuk dapat mengadopsi inovasi digital untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan," katanya.Pengimplementasian Telkomsel Fleetsight itu menyediakan solusi teknologi bagi Pertamina untuk memonitor kendaraan, meningkatkan produktivitas, menekan biaya operasional sekaligus menjamin keselamatan karyawan dan pekerja.

Teknologi Telkomsel Fleetsight dapat merekam semua paramater mobilitas aset dan menyediakan informasi kepada pengguna dalam bentuk insight maupun data, seperti pilihan rute, jam operasional kendaraan, perilaku mengemudi, hingga mengukur batas kecepatan.

"Teknologi IoT Telkomsel it memanfaatkan perangkat telematika berbasis satelit yang diintegrasikan dengan berbagai jenis sensor atau peralatan tambahan di kendaraan," ujarnya.

Data-data itu juga dikombinasikan dengan rule dan alert yang mampu memberikan peringatan secara real-time ketika terjadi pelanggaran standard operasional, misalnya melebihi kecepatan, beroperasi di luar jadwal, melintasi rute yg bukan seharusnya, temperatur kerja komponen-komponen kritikal yang melebi batas wajar, dan lain-lain."Di era Industri 4.0 seperti sekarang ini, perusahaan memang dituntut mengadopsi inovasi digital untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan," ungkap Dirut PT Pertamina Patra Niaga Nina Sulistyowati."Tujuannya agar memudahkan manajemen dalam meningkatkan keselamatan pengendara, keselamatan kendaraan, melakukan monitor kendaraan, meningkatkan produktivitas, menekan biaya operasional dan juga akurasi jumlah produk yang dikirimkan," jelas Nina.Ada tiga fase kolaborasi kedua perusahaan ini. Tahap pertama pemasangan Telkomsel Fleetsight yangsiap beropaerasi pada September hingga Oktober 2019.

Tahap kedua dan ketiga dilakukan peningkatan fitur Telkomsel Fleetsight dengan integrasi lebih banyak sensor.