Find Us On Social Media :

Dengan Chatbot INDIRA, Indosat Tingkatkan Layanan Pelanggannya

By Rafki Fachrizal, Rabu, 4 September 2019 | 16:15 WIB

Chatbot INDIRA (Indosat Digital Representative Assistant)

Untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggannya, kini sudah mulai banyak perusahaan di Indonesia yang mengimplementasikan chatbot atau asisten virtual.

Seperti Indosat Ooredoo misalnya. Perusahaan operator telekomunikasi ini sudah sejak beberapa waktu meluncurkan chatbot bernama INDIRA (Indosat Digital Representative Assistant).

Dikembangkan dengan teknologi Artificial Intelligence (AI), chatbot ini mampu menjawab pertanyaan dari pelanggan secara langsung dengan fitur live chat yang ada di situs web Indosat Ooredoo dan aplikasi MyIM3.

Terkait dengan chatbot ini, Vikram Sinha selaku Director & Chief Operating Officer, Indosat Ooredoo, mengatakan, "Dengan fitur INDIRA ini kami telah mengurangi waktu tunggu (menanggapi pertanyaan pelanggan) secara signifikan dan secara langsung meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap layanan Indosat Ooredoo.”

Baca Juga: Nih! Tujuh Daftar Ponsel Pintar Terbaru yang akan Hadir Bulan Ini

Lebih lanjut, dengan fitur chatbot INDIRA ini setiap pelanggan bisa dengan mudah menanyakan produk dan layanan Indosat Ooredoo, menyampaikan pesan, dan keluhan serta mendapatkan penyelesaian secara langsung tanpa harus menunggu untuk tersambung dengan staf customer service.

Pelanggan juga dapat memesan nomor antrian Gerai dan memilih lokasi Gerai tujuan melalui fitur INDIRA.

Selain dapat membantu menjawab pertanyaan pelanggan, chatbot ini juga mampu memberikan rekomendasi paket yang sesuai dengan pelanggan berdasarkan historis penggunaan paket sebelumnya.

Baca Juga: Hindari YouTuber Stres, YouTube Ubah Format Angka Jumlah Subscriber