Find Us On Social Media :

Studi: Setelah Tiga Tahun, Harga iPhone Akan Turun Setengah Harga

By Wisnu Nugroho, Rabu, 18 September 2019 | 14:13 WIB

Yang menarik dari iPhone 11 adalah harganya yang relatif lebih murah dari generasi sebelumnya

Ada fakta menarik dari iPhone 11 yang dirilis Apple minggu lalu: harga iPhone 11 relatif lebih murah dibanding generasi sebelumnya. Apple membandrol iPhone 11 dengan harga US$699, lebih murah dibanding iPhone XR yang dihargai US$749 saat pertama dirilis. 

Padahal seperti kita tahu, beberapa tahun ini ditandai kenaikan harga smartphone kelas atas (yang sebenarnya dipicu oleh Apple juga). Dengan harga lebih terjangkau, analis kenamaan Ming Chi Kuo memperkirakan iPhone 11 akan laris manis dan terjual di atas ekspektasi Apple.

Bicara soal harga iPhone, situs katalog harga iPrice Group baru saja membuat sebuah studi menarik. iPrice mencoba melihat tren penurunan harga iPhone generasi sebelumnya, seperti iPhone 7, 8, X, dan XS. Tujuan studi ini adalah melihat pola penurunan harga iPhone baru (bukan seken) saat dirilis, 6 bulan setelah dirilis, serta 12 bulan setelah dirilis.

Infografik ini menggambarkan perubahan harga iPhone selama periode 6 dan 12 bulan.

Dari studi tersebut, iPrice menemukan beberapa fakta unik mengenai penurunan harga iPhone sejak pertama dirilis.

  1. Untuk mendapatkan iPhone dengan harga hampir setengah dari harga aslinya, konsumen harus menunggu 3 tahun sejak iPhone tersebut rilis. Salah satu contohnya adalah harga Rp.5,4 juta untuk iPhone 7 saat ini (tiga tahun setelah resmi dirilis Oktober 2016). Harga ini turun 55% dibanding saat pertama dirilis (sekitar Rp.12,6 juta). 
  2. Harga iPhone akan menurun sekitar 5% setelah 6 bulan dirilis. 
  3. Setelah 12 bulan, rata-rata penurunan harga iPhone adalah 16% dari harga rilis pertama kali. 
  4. iPhone X adalah model iPhone dengan penurunan yang paling signifikan. Dalam 6 bulan pertama, penurunannya mencapai 11%, sementara dan setelah 12 bulan penurunan sampai ke angka 27%. Ini terjadi karena Apple menghentikan produksi dari iPhone X setelah setahun rilis dan mereka fokus memproduksi iPhone XS.
  5. Jika melihat tren dari penurunan harga ini, ada kemungkinan iPhone 11 akan “lebih” terjangkau setelah 6 bulan rilis. Setelah 3 tahun, penurunan akan menjadi 55% dari harga asli ketika rilis. 

Untuk menyusun studi ini, iPrice mengambil patokan harga iPhone varian terbaik (flagship) dengan kapasitas 256GB. Harga saat dirilis diambil dari situs resmi Apple, sementara penurunan harga diambil dari data internal iPrice dengan membandingkan ribuan toko online yang menjual iPhone kondisi baru.