Find Us On Social Media :

Ini Dia! Pemenang Sony Eco Shopping Bag Contest Sony Indonesia

By Indah PM, Kamis, 19 September 2019 | 18:00 WIB

Sony Eco Shopping Bag Desain Contest

Berlangsung di kantor pusat Sony Indonesia, Langit Diwangkara, mahasiswa Universitas Gunadarma Jakarta sebagai pemenang Sony Eco Shopping Bag Contest.

Sony Eco Shopping Bag Design Contest sendiri telah dilaksanakan sejak 1 Mei 2019 hingga 30 Juni 2019 yang membidik para pelajar dan mahasiswa, generasi penerus Indonesia. Sony Indonesia menyebut total ada sebanyak 127 desain yang diterima.

Sebagai pemenang dari Sony Eco Shopping Bag Design Contest, desain dari Langit Diwangkara akan dipakai sebagai reusable shopping bag (kantong belanja yang dapat digunakan kembali) di semua Sony Center di Indonesia. Selain itu, Langit juga mendapatkan beasiswa pendidikan sebesar Rp20 juta.

Kazuteru Makiyama (President Director, PT Sony Indonesia) menyebut, dalam pemilihan pemenang, ada empat kriteria yang menjadi penilaian tim juri, yaitu desain, kualitas isi, kreativitas, dan nilai lingkungan.

Desain tas ramah lingkungan karya Langit Diwangkara

Langit Diwangkara bercerita, ide desain datang dari pengalaman sehari-hari. “Sehari-hari kita menempati bumi dan memanfaatkan isi yang ada di bumi, namun, apakah kita pernah berpikir mengenai apa yang diinginkan bumi? Inilah ide yang menginspirasi saya untuk menciptakan desain kantong belanja Sony. Memahami dan mendengarkan bumi adalah salah satu cara untuk menjaga dan melestarikan bumi. Kita bisa mulai menjaga dan melestarikan bumi dengan mengurangi penggunaan plastik,” urai Langit.

Mahasiswa berusia 18 tahun ini pun berharap, melalui karyanya pada reusable shopping bag di semua Sony Center di Indonesia, dirinya bisa bantu menyampaikan pesan pelestarian bumi kepada masyarakat luas.

"Harapan saya, reusable shopping bag bisa menjadi alat untuk mulai berdiskusi dan berbagi informasi seputar pentingnya pelestarian bumi dan lingkungan. Kebanggaan dan kesadaran memakai reusable shopping bag, bisa membantu mempengaruhi dan mengurangi volume sampah plastik. Kesadaran peduli plastik perlu dimulai dari diri sini dan dibagikan ke orang sekitar,” tukas Langit.

Sebelumnya, pada tanggal 2 Agustus 2019, Sony Corporation meluncurkan One Blue Ocean Project, sebuah inisiatif untuk mengurangi sampah plastik di laut.

Proyek ini mempromosikan usaha pengurangan penggunaan plastik di seluruh dunia, dan di saat yang bersamaan juga berkontribusi terhadap komitmen Sony untuk mencapai zero environmental footprint di tahun 2050. Selain itu, proyek ini juga mengajak untuk mengumpulkan dan membersihkan sampah dari sungai, pantai, dan lokasi lainnya di seluruh dunia.

Sejalan dengan proyek dan tema Sony secara global One Blue Ocean Project dan “For the Next Generation” (Untuk Generasi Selanjutnya), Sony Indonesia melalui Sony Eco Shopping Bag Design Contest ingin meningkatkan kesadaran generasi muda Indonesia tentang pentingnya mendukung, melindungi, dan memelihara lingkungan.