Find Us On Social Media :

Ikuti iPhone 11, Samsung akan Gunakan Deep Fusion di Galaxy 11

By Adam Rizal, Jumat, 20 September 2019 | 11:30 WIB

Samsung Galaxy 11

Samsung dikabarkan bakal mencomot salah satu fitur kamera iPhone 11 untuk kemudian ditanamkan pada seri flagship Galaxy S11.

Adapun salah satu fitur kamera yang bakal ditiru Samsung adalah fitur "Deep Fusion" yang pertama kali hadir di trio iPhone 11.

Hal ini diketahui dari sebuah postingan di jejaring sosial Twitter yang diunggah oleh pembocor ulung @UniverseIce. Bagi Anda yang belum tahu, @UniverseIce kerap membocorkan fitur-fitur andalan yang akan tersemat di ponsel yang sejatinya belum diluncurkan.

"Samsung juga mengembangkan fungsi 'Deep Fusion' yang mirip dengan iPhone 11 Pro, dan benar-benar memainkan peran chip NPU dalam mengambil gambar dan video. Kita bisa menantikan Galaxy S11," kata @UniverseIce dalam akun Twitter-nya.

Galaxy S11 sendiri disinyalir bakal diperkenalkan di ajang MWC 2020 yang rencananya akan diselenggarakan mulai 24 Februari mendatang.

Apa itu Deep Fusion

Deep Fusion sendiri adalah sistem pemrosesan foto yang memanfaatkan teknologi neural network (salah satu cabang dari Artificial Intelligence). Inti teknologi ini adalah menggabungkan foto dari berbagai exposure, untuk kemudian digabungkan menjadi sebuah foto terbaik.

Ada sembilan foto yang diambil iPhone saat Deep Fusion ini aktif. Sebelum pengguna memotret (atau menekan tombol shutter), kamera di iPhone sudah mengambil empat foto utama dan empat foto dalam mode burst (fast exposure). Lalu saat pengguna menekan tombol shutter, iPhone mengambil satu foto long exposure.

Dari sembilan foto tersebut, software kamera di iPhone akan mengecek pixel demi pixel untuk memilih pixel terbaik dari sembilan pilihan yang ada. Pilihan terbaik inilah yang kemudian menjadi foto hasil pemotretan menggunakan Deep Fusion.

Sekadar informasi, sebuah foto akan menghasilkan foto beresolusi 24 megapixel. Artinya untuk  menghasilkan sebuah foto, teknologi Deep Fusion harus mengecek 24 juta pixel. Hebatnya, semua proses tersebut hanya membutuhkan waktu satu detik.

Mengapa bisa secepat itu? Kuncinya adalah pada prosesor. Prosesor A13 Bionic yang digunakan iPhone 11 dilengkapi chip Neural Processing Unit (NPU) yang tugasnya khusus memproses foto. Itulah mengapa Apple sangat mengedepankan kualitas iPhone 11 yang terbukti berdasarkan review iPhone 11.

Pertanyaan besarnya, bisakah Samsung membuat teknologi seperti Deep Fusion ini di Galaxy S11?