Find Us On Social Media :

Fitbit Segera Hadirkan Smartwatch Barunya, Versa 2, di Indonesia

By Cakrawala, Minggu, 22 September 2019 | 18:00 WIB

Louis Lye (Regional Director SEA, Fitbit; tengah) berfoto bersama dr. Andi Kurniawan, Sp. KO (pakar kedokteran olahraga; kiri) dan Dedeh Erawati (Pelari Nasional Indonesia) sambil menunjukkan Fibit Versa 2 ketika pengumuman kehadiran Versa 2 di tanah air beberapa waktu lalu di Jakarta.

Fitbit belum lama ini mengumumkan perihal kehadiran Versa 2 di Indonesia. Smartwatch baru tersebut ditargetkan Fibit akan segera tersedia di tanah air mulai tanggal 25 September 2019 yang akan datang. Disebut Fitbit sebagai health & fitness smartwatch, Versa 2 mengandalkan sejumlah fitur untuk kesehatan dan kebugaran sehingga cocok untuk yang sibuk bekerja dan yang rajin berolahraga. Fitbit Versa 2 antara lain menawarkan sleep score, sleep mode, reminders to move, dan cardio fitness score. Selain itu, Fitbit Versa 2 juga diklaim tahan air sampai kedalaman lima puluh meter.

Sleep score membuat Fitbit Versa 2 bisa menunjukkan nilai tidur malam hari penggunanya. Dengan sleep score, pengguna Fitbit Versa 2 bisa mengetahui apakah tidur malamnya sudah memiliki kualitas yang baik atau belum. Pengguna pun kemudian bisa mengambil langkah yang diperlukan bila diinginkan. Sleep score ini didasarkan pada detak jantung, waktu terjaga, dan tahapan-tahapan tidur (sleep stage) yang diasumsikan dari pergerakan dan pola detak jantung.

Sleep mode membuat Fitbit Versa 2 menonaktifkan layar dan notifikasinya. Tujuannya tentu agar pengguna Fitbit Versa 2 tidak terganggu saat tidur. Mode tersebut juga bisa digunakan untuk keperluan lain tatkala pengguna tidak ingin terganggu oleh Fitbit Versa 2, misalnya ketika sedang rapat penting.

Reminders to move seperti namanya akan mengingatkan pengguna Fitbit Versa 2 yang telah "diam" selama beberapa waktu untuk bergerak. Fitur ini membantu mengingatkan pengguna Fitbit Versa 2, misalnya seharian bekerja dengan duduk di belakang meja, untuk bergerak. Reminders to move akan mengingatkan pengguna yang belum melangkah dengan jumlah tertentu dalam waktu tertentu agar mulai melangkah. Pengguna Fitbit Versa 2 bisa mengatur interval waktu yang diinginkan untuk reminders to move mengingatkannya.

Sementara, cardio fitness score adalah istilah Fitbit untuk VO2 Max. VO2 Max sendiri adalah laju maksimal oksigen yang bisa diambil dan dimanfaatkan tubuh ketika berolahraga. Angka yang lebih tinggi umumnya berarti lebih baik. Dengan Fitbit Versa 2, pengguna bisa mendapatkan estimasi dari VO2 Max-nya. Cardio fitness score yang lebih tinggi disebut Fitbit menunjukkan kebugaran yang lebih baik. Oleh karena itu, Fitbit Versa 2 bisa digunakan untuk membantu pengguna meningkatkan kebugarannya.

Fitbit Versa 2 Special Edition hadir dengan strap tambahan dan ditawarkan pula dengan harga lebih tinggi dari Fitbit Versa 2.

Selain mengumumkan perihal kehadiran Versa 2, Fitbit juga mengumumkan perihal akan tersedianya Fitbit Premium. Fitbit Premium adalah layanan berlangganan yang tersedia pada aplikasi Fitbit. Fitbit Premium menawarkan aneka fitur tambahan yang disesuaikan dengan penggunanya secara spesifik. Fitbit Premium misalnya menawarkan panduan yang disesuaikan, insight yang lebih mendalam, dan sleep score yang lebih mendetail. Bahkan, Fitbit mengklaim berkolaborasi dengan sejumlah akademisi dan ahli di bidang kesehatan dan kebugaran untuk memberikan panduan kepada pengguna Fitbit Versa 2 dan perangkat Fitbit lainnya yang sesuai secara optimal; panduan yang sesuai dengan karakteristik pengguna dan fitur yang tersedia pada perangkat. Namun, berbeda dengan Versa 2 yang telah disebutkan tanggal kehadirannya, Fitbit belum menetapkan secara pasti tanggal kehadiran dari Fitbit Premium di Indonesia.

Fitbit Versa 2 sendiri hadir dengan tiga pilihan warna, yakni hitam berbalut carbon case, petal berbalut copper rose aluminium case, dan stone berbalut mist grey case. Adapun harganya adalah Rp3.799.000. Tersedia pula versi Special Edition yang ditawarkan dengan harga Rp4.299.000. Fitbit Versa 2 Special Edition ini hadir dengan pilihan warna navy dan pink berbalut copper rose aluminium case serta smoke berbalut mist grey case.