Find Us On Social Media :

Hands-on realme 5 dan realme 5 Pro: Duo Smartphone Perusak Harga Pasar

By Dayu Akbar, Minggu, 22 September 2019 | 08:00 WIB

realme telah mengumumkan kehadirkan dua smartphone terbaru yaitu realme 5 dan realme 5 Pro untuk pasar Indonesia. Selain menampilkan desain serta fitur kekinian, dua smartphone ini memiliki harga yang paling murah dikelasnya. Bisa dibilang kehadirannya bisa merusak harga pasaran dari smartphone di kelas yang sama. Sesuai dengan serinya, realme 5 memiliki spesifikasi yang lebih rendah di banding 5 Pro. Namun menariknya, jika dilihat dari dimensi ternyata ukuran realme 5 lebih besar dibanding versi Pro. Ini dikarenakan realme 5 mengusung layar berukuran 6,5 inci dimana 5 Pro punya ukuran 6,3 inci. Keduanya sama-sama menggunakan layar dengan panel IPS yang sudah terlindungi Gorilla Glas 3+. Bahkan untuk pengamanan tambahan, sudah digunakan pula screen protector. Keduanya juga menggunakan desain notch yang kecil dengan nama mini drop.

Beralih ke bagian belakang, keduanya juga sama-sama menyematkan empat kamera yang tersusun secara vertikal. Posisi lampu flash dan sensor fingerprint-nya juga sama. Untuk membedakan antara keduanya, pada kamera realme 5 terdapat tulisan f1.8 yang merupakan fitur aperture pada kamera utamanya. Sedangkan pada realme 5 Pro terdapat tulisan 48 MP yang merupakan keunggulan dari dari resolusi kamera utamanya.

Jika realme 5 memiliki pilihan warna crystal blue dan crystal purple, maka realme 5 Pro punya warna crystal green dan sparkling blue. Warna-warna tersebut telah dirancang sedemkian rupa agar menghasilkan efek visual menarik saat terkena pantulan cahaya. Hanya saja, seperti pada smartphone sekelas, bagian belakang ini mudah sekali kotor oleh sidik jari atau tangan. Jadi memang agak repot jika Anda ingin menjaganya tetap bersih, kecuali jika menggunakan case tambahan.

realme memang tidak memberikan case pada paket penjualannya. Namun secara khusus, realme telah menyediakan case yang dijual secara terpisah yang diberi nama realme Icon Case dengan harga Rp89.000. Icon Case ini menggunakan bahan yang tahan lama, cutting yang presisi, desain menarik dengan pilihan warna abu-abu dan kuning.

Untuk tombol fisik posisinya juga sama, hanya ada satu di kanan yaitu tombol Power. Untuk tombol Volume dan slot kartu ada di sisi kiri. Bagian bawahnya ada lubang audio, lubang reset, port USB type-C, dan speaker. Seluruh bodi dan tombol-tombol ini sudah dukung fitur Splash resistant yang dirancang agar smartphone tetap aman saat terkena percikan air.

Untuk sistem operasinya digunakan Android 9 yang dibalut dengan ColorOS 6. Keduanya memiliki tampilan antarmuka serta ketersediaan aplikasi yang sama persis. Ini termasuk dengan tampilan aplikasi kamera dengan fitur yang mirip.

realme 5 Pro tersedia dalam 2 varian yaitu versi 4GB+128GB yang dibendrol dengan harga Rp2.999.000 dan versi 8GB+128GB dengan harga Rp3.699.000. Sedangkan realme 5 tersedia dalam 3 varian yaitu versi 3GB+32GB dengan harga Rp 1.999.000, versi 3GB+64GB dengan harga Rp 2.199.000, dan versi 4GB+128GB dengan harga Rp 2.699.000.