Starbucks melakukan terobosan besar dengan meluncurkan pemesanan via perintah suara (voice command) dan mengantar pesanan melalui speaker pintar Alibaba, yaitu Tmall Genie. Dengannya, pelanggan kini bisa memesan minuman dan makanan favorit dari Starbucks hanya dengan menggunakan pesan suara dan mendapatkannya dalam waktu 30 menit.
Memanfaatkan platform antar-pesan makanan milik Alibaba, Ele.me, kemampuan perintah suara untuk pemesanan Starbucks semakin meningkatkan pengalaman konsumen dalam ekosistem digital Starbucks. Peluncuran layanan ini juga merayakan satu tahun berjalannya kerja sama strategis Starbucks dan Alibaba untuk meningkatkan infrastruktur New Retail dan kekuatan digital di Tiongkok. Tiongkok hingga saat ini merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan konsumsi kopi paling cepat di dunia. Pengumuman ini juga menambah berbagai kolaborasi antara kedua perusahaan yang memungkinkan Starbucks Experience terbaik bisa dirasakan konsumen Tiongkok, seperti penerimaan Alipay sebagai metode pembayaran, membangun Star Kitchen - dapur di dalam semua gerai supermarket Freshippo di Tiongkok, dan penggunaan teknologi mobile dan fitur augmented-reality racangan Alibaba di gerai Starbucks roastery di Shanghai. Para anggota Starbucks Rewards juga bisa mendapatkan Stars dan info terbaru tentang keanggotaan mereka, termasuk promo khusus, melalui Tmall Genie. Kedepannya, saat menggunakan perintah suara untuk memesan, para anggota Starbucks Rewards bisa menerima rekomendasi yang disesuaikan sesuai preferensi sebelumnya dan menu-menu popular atau menu khusus. Keunggulan lainnya, penggemar Starbucks di Tiongkok bisa mendengarkan playlist yang biasa dimainkan di gerai-gerai Starbucks, melalui aplikasi streaming musik Alibaba yaitu Xiami Music.
Penggunaan teknologi speech AI dan voice print payment (kemampuan menggunakan suara untuk mengonfirmasi pembayaran), pesanan Tmall Genie membantu Starbucks memperluas dan meningkatkan kualitas pengalaman Starbucks Delivers yang konsisten dengan standar Starbucks.Tmall Genie bertema Starbucks yang eksklusif ini tersedia di toko virtual Starbucks di Tiongkok, yang menyatukan semua penawaran Starbucks dalam aplikasi mobile milik Alibaba, termasuk Taobao, Alipay dan Tmall. Entah kapan layanan ini bakal hadir di negara lain, termasuk Indonesia. Kita tunggu saja.