Find Us On Social Media :

LINE Indonesia Hadirkan SPLITBILL yang Mudahkan Berbagi Tagihan

By Cakrawala, Senin, 7 Oktober 2019 | 19:30 WIB

LINE Indonesia baru saja meluncurkan fitur baru pada aplikasi LINE yang memudahkan pengguna untuk berbagi tagihan alias split bill dengan orang lain. Fitur yang disebut SPLITBILL ini menggunakan OCR (optical character recognition) sehingga pengguna bisa memindai tagihan yang ada untuk mendapatkan data digital dari tagihan tersebut, tidak perlu memasukkannya satu per satu. LINE bahkan mengklaim SPLITBILL sebagai fitur berbagi tagihan dengan OCR pertama di Indonesia. Selain itu, SPLITBILL juga bisa menghitung pajak dan servis dari setiap item yang dipesan sehingga pembagian yang diperoleh sudah mencakup biaya-biaya tersebut.

"LINE Indonesia selalu berupaya untuk terus berinovasi dengan menghadirkan beragam layanan yang inovatif bagi para pengguna agar dapat menggunakan aplikasi LINE secara lebih maksimal. Salah satunya melalui peluncuran fitur LINE SPLITBILL yang bisa membantu pengguna untuk menghitung dan membagi tagihan secara akurat dan mudah," jelas Dale Kim (Managing Director, LINE Indonesia). "Kami berharap dengan kehadiran fitur LINE SPLITBILL ini, LINE dapat mempermudah serta memperkaya kehidupan sehari-hari pengguna setianya di Indonesia," tambahnya.

Kehadiran fitur berbagi tagihan atau split bill tersebut didasari oleh hasil survei yang dilakukan oleh LINE Indonesia pada Februari 2019. Dari sebanyak 24.443 responden berumur 17 tahun ke atas yang terdiri dari 65% pria dan 35% wanita, 68% di antaranya menyetujui jika kebiasaan berbagi tagihan sesuai pesanan masing-masing adalah kebiasaan yang disukai setelah makan bersama. Selain itu, hasil survei juga menunjukkan bahwa responden lebih menyukai jika pembayaran ditanggung lebih dulu olah satu orang, untuk kemudian dilakukan pembayaran sesuai dengan pesanan masing-masing kepada orang tersebut. SPLITBILL diyakini LINE Indonesia sebagai solusi yang tepat untuk kebiasaan masyarakat Indonesia itu.

Adapun waktu yang dibutuhkan oleh LINE SPLITBILL untuk memindai, mengenali, serta menghitung tagihan yang dipindai memanfaatkan OCR-nya dilklaim lima detik. Setelah proses ini berhasil dengan benar, pengguna kemudian bisa memilih makanan dan minuman yang ditagihkan ke masing-masing pihak yang ada di Aplikasi LINE. Jika ada pihak yang tidak memakai Aplikasi Line, pengguna bisa menggunakan opsi “Add a friend without LINE” dan menggunakan dummy untuk mengasosiasikan makanan dan minuman yang dimaksud padanya. Pengguna selanjutnya bisa mengirimkan/membagikan tagihan yang telah dibagi tersebut ke pihak yang sesuai.