Find Us On Social Media :

Pegang Dua Sertifikasi ISO, Indodax Kejar Posisi Startup Unicorn Baru

By Indah PM, Selasa, 8 Oktober 2019 | 18:00 WIB

Indodax meraih dua sertifikasi ISO sekaligus.

Indodax, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang jual beli aset digital (sebelumnya bernama Bitcoin Indonesia) berhasil meraih dua sertifikasi ISO sekaligus, yaitu 9001:2005 dan 27001:2013. Atas raihan tersebut, Indodax mengklaim menjadi perusahaan marketplace aset digital pertama di Indonesia yang memiliki dua jenis sertifikasi ISO sekaligus.

Kedua jenis sertifikasi ini merupakan standar internasional dalam bidang sistem manajemen mutu dan keamanan informasi.

CTO Indodax, William Sutanto, menyebutkan proses dan upaya yang mereka tempuh untuk hal ini terbilang tidak mudah. Proses yang harus dilalui juga cukup ketat, pihaknya harus memenuhi sederetan persyaratan yang belum pernah dijumpai sebelumnya.

“Prosesnya cukup ketat. Namun, dibalik itu semua, kabar baiknya Indodax saat ini sebagai salah satu dari sedikit startup digital di Indonesia yang telah memiliki dua sertifikasi ISO sekaligus yakni 9001: 2015 dan 27001: 2013”, imbuh William.

Sementara itu Erna Damayanty (Managing Director PT. BSI Group Indonesia) mengungkapkan bahwa hasil audit yang telah dilakukan oleh tim auditornya menunjukkan bahwa PT. Indodax Nasional Indonesia telah secara efektif memperoleh pengakuan nasional maupun internasional dalam ruang lingkup the management of information security in provision crypto exchange asset services.

Artinya, PT. Indodax Nasional Indonesia telah semakin menunjukkan komitmennya terhadap keamanan informasi kepada para stakeholder serta pelanggannya.

Sementara itu, Oscar Darmawan (CEO Indodax) mengatakan, dua sertifikasi tersebut akan menjadi dokumen yang akan mereka lampirkan ketika mendaftarkan diri ke Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Pasalnya per 1 Februari 2018 lalu, semua perusahaan pertukaran aset kripto wajib untuk mendaftarkan diri ke Bappebti dan menaati persyaratan yang cukup tinggi, salah satunya adalah tersertifikasi ISO.

Lebih jauh, Oscar juga membeberkan, pihaknya menargetkan Indodax menjadi startup digital unicorn baru dan ikut aktif membesarkan nama Indonesia di kancah internasional dalam waktu dekat.

Beberapa upaya pun bakal ditempuh melalui beberapa program baru dan unggulan yang tentu selaras dengan aktivitas strategis ke depan seperti pengembangan operasi, teknologi, layanan dan produk.

Salah satu upaya tersebut adalah melakukan pembaruan tampilan website yang lebih futuristik. Hal ini bertujuan agar pengguna lebih merasakan pengalaman berselancar yang lebih cepat. Termasuk menyajikan beberapa fitur tambahan yang akan terus diperbarui dari waktu ke waktu.