Find Us On Social Media :

Hands-on OPPO Reno 2: Kamera Makin Keren, Harga Lebih Terjangkau

By Dayu Akbar, Rabu, 9 Oktober 2019 | 08:30 WIB

Melanjutkan kesuksesan smartphone flagship Reno series generasi pertama, OPPO kembali menghadirkan generasi kedua seri ini melalui OPPO Reno 2 series. Hingga saat ini, ada tiga varian yang diluncurkan secara global, namun OPPO hanya memboyong dua varian untuk pasar Indonesia yaitu Reno 2 dan Reno 2F. Seri Reno 2 memiliki fitur yang lebih tinggi dibanding Reno 2F. Saat peluncurannya, kami berkesempatan mengulas sedikit fitur yang ada pada OPPO Reno 2. Dari sisi desain, Reno 2 punya bodi sedikit melengkung yang ergonomis saat digenggam. Menurut pihak OPPO, bodi ini menggunakan teknologi three-layer stripping serta multi-toned supaya bisa menampilkan nuansa efek warna berbeda jika dilihat dari berbagai sudut. Reno 2 ini memiliki dua pilihan warna yaitu sunset pink dan lumious black. Kami sendiri lebih menyukai warna sunset pink yang terlihat lebih menarik, meski lebih cocok bagi kaum hawa.

Menariknya, OPPO memberikan perlindungan agar bodi ini tidak mudah tergores. Diantaranya dengan menggunakan lapisan pelindung Gorilla Glass 5. Pada bodi ini juga terdapat empat kamera yang tersusun secara vertikal. Agar kamera juga terhindar dari goresan saat diletakkan dalam posisi menghadap ke bawah, didekat kamera terdapat bulatan menonjol sebagai pengganjal. Dengan desain yang menarik, bulatan ini juga menambah estetika sehingga terlihat lebih menarik. Tidak terdapat sensor sidik jari disini karena OPPO menempatkannya di dalam layar.

Fitur-fitur unggulan dari kamera utama ini diantaranya yaitu 5x hybrid zoom, ultra dark mode, dan ultra steady video. Dari namanya sudah jelas kegunaannya. 5x hybrid zoom mampu menampilkan gambar engan perbesaran hingga 5x, ultra dark mode untuk mendapatkan foto yang tetap tajam dan jelas meski minim cahaya, srta ultra steady video yang akan menstabilkan hasil rekaman video meski dalam kondisi goyang.

Reno 2 memiliki layar dengan ukuran 6,5 inci full AMOLED yang selain terlihat lebih tajam dibanding IPS, layar ini mendukung penggunaan sensor sidik jari. Pada penjualannya, layar ini tidak disertai dengan screen protector karena OPPO sudah menggunakan pelindung Gorilla Glass 6 yang terbaru. Oiya, layarnya memang terlihat luas dan maksimal karena kamera depannya ditempatkan diluar layar. Ini yang membuat rasio bodi ke layar mencapai 87,5%.

Yang menjadi ciri khas dari OPPO Reno series adalah kamera selfie yang menggunakan desain pop-up tapi dengan bentuk seperti sirip ikan hiu. Tidak heran pada Reno 2 ini, OPPO memberi nama desainnya dengan Shark Fin. Proses kamera akan bekerja langsung ketika pengguna hendak melakukan selfie. Proses-nya bekerja secara motorik sehingga tidak secepat saat menggunakan kamera selfie dari kamera yang tertanam di bodi depan.

Untuk tombol Power ada di sisi kanan dibawah slot kartu SIM dan microSD. Sisi kiri ada tombol Volume, sisi atas merupakan tempat dari kamera depan, dan sisi bawah terdapat port USB Type-C yang sudah dukung pengisian baterai cepat dengan teknologi VOOC 3.0, speaker, jack audio, dan lubang reset. Didalam slot kartu terdapat kompartemen hybrid, sehingga hanya bisa digunakan satu kartu SIM dan satu kartu microSD atau dua kartu SIM secara bersamaan.

Reno 2 ini dipersenjatai dengan system-on-chip Snapdragon 730G yang powerful. Seri G sendiri menandakan bahwa chip grafisnya mampu bekerja lebih kencang dibanding 730 biasa. Ini menjadikan Reno 2 sanggup menjalankan game-game kekinian dengan lancar. Ini ditopang dengan kapasitas RAM 8 GB dan media penyimpanan yang lega yaitu 256 GB. Kami juga sempat manjalankan Antutu untuk melihat sekilas kinerjanya. Dan hasil benchmark yang mencapai skor diatas 200 ribuan menandakan kinerjanya yang cukup bagus.

OPPO Reno 2 dibanderol dengan harga Rp7.999.000 yang lebih murah dibanding generasi pertamanya yaitu OPPO Reno 10x zoom. Masa pre-order berlaku hingga 30 Oktober 2019 dan pengguna akan mendapatkan hadiah ekslusif Bluethooth Headset OPPO Enco Q1 selama persediaan masih ada. Sedangkan untuk penjualan perdananya berlaku mulai 31 Oktober 2019.