Find Us On Social Media :

Hands-on Samsung Galaxy A30s: Tiga Kamera, NFC & Fingerprint di Layar

By Dayu Akbar, Selasa, 15 Oktober 2019 | 08:00 WIB

Samsung gencar meluncurkan smartphone seri A dengan pembaruan dari varian sebelumnya. Ini dipertegas dengan penambahan kode seri s pada namanya, misalnya saja Galaxy A10s, Galaxy A20s, Galaxy A30s, dan Galaxy A50s. Semua seri ini sudah hadir resmi di tanah air, kecuali Galaxy A70s yang belum diketahui kapan hadir di Indonesia. Hadirnya berbagai seri ini guna memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam serta penambahan fitur guna bersaing dengan kompetitor yang juga gencar bermain dikelas menengah ke bawah.Kali ini akan kami ulas secara singkat salah satu dari varian tersebut yaitu Galaxy A30s. Dibanding seri sebelumnya yaitu Galaxy A30, A30s ini hadir dengan penambahan fitur seperti penggunaan tiga kamera utama dengan resolusi lebih besar, sensor fingerprint di layar, serta NFC. Selain itu, hampir tidak ada perbedaan mencolok diantara kedua seri tadi.

Pada paket penjualannya sudah terdapat adaptor 15 watt yang support fast charging, kabel data USB type-C, SIM ejector, buku manual, stiker IMEI, dan tidak ketinggalan jely case transparan. Sayangnya kali ini Samsung tidak menyertakan earphone.Pada unitnya sendiri, Galaxy A30s hadir dalam pilihan warna Prism Crush Black (hitam), Prism Crush White (putih), dan Prism Crush Green (hijau), dan unit yang kami coba memiliki warna Prism Crush White di bagian belakangnya. Warna putih dengan motif prisma ini menggunakan lapisan glossy masih gampang kotor oleh bercak tangan dan jari. Tidak heran jika Samsung menyertakan jelly case transparan dalam paket penjualannya. Meski gampang kotor, dibersihkannya pun mudah. Tinggal dilap menggunakan kain kering secara hati-hati.

Bagian belakangnya hanya terlihat tiga kamera utama serta lampu kilat yang tersusun secara vertikal di sisi kiri atas. Yang menarik, A30s sudah menyertakan fitur NFC (Near Field Communication) yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran digital secara nirkabel ataupun melakukan topup atau isi saldo kartu e-money atau flazz. Caranya cukup dengan mengaktifkan fitur NFC dan pasang aplikasi perbankan yang tersedia di Play Store. Kemudian tempelkan kartu e-money ke bagian punggung smartphone pada posisi yang tepat sampai aplikasi mendeteksi adanya kartu tersebut.

Untuk tombol fisik, di sisi kanan terdapat tombol volume up dan volume down, serta tombol Power. Di sisi kiri terdapat slot kartu yang berisi kompartemen untuk menempatkan dua kartu SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan. Tidak terdapat apapun di sisi atas, dan di sisi bawah terdapat jack audio 3.5mm, port USB type-C, lubang reset, dan speaker mono.

Pada bagian layar, Galaxy A30s ini sudah menggunakan panel Super AMOLED yang selain menampilkan gambar dan warna lebih tajam dan cerah, panel ini sudah mendukung penggunaan sensor fingerprint. Secara diagonal layarnya berukuran 6,4 inci tapi memiliki resolusi yang lebih rendah dibanding A30. Jika A30 punya resolusi 1080 x 2340 pixels maka A30s ini punya resolusi 720 x 1560 pixels. Tidak ketinggalan pada bagian atas layar terdapat notch sebagai tempat dari kamera depan yang punya resolusi 16 MP.

Galaxy A30s menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan tampilan antarmuka yang sama dengan varian Galaxy lainnya yaitu One UI. Untuk spesifikasinya dipersenjatai dengan chip Exynos 7904, kapasitas RAM 4 GB dan internal memori 64 GB. Untuk baterainya memiliki kapasitas 4000 mAh dan sudah mendukung fitur pengisian daya cepat dengan disertakannya adaptor 15 watt.Samsung Galaxy A30s secara resmi dibanderol seharga Rp3.299.000.