Find Us On Social Media :

DANA dan JNE Berkolaborasi Hadirkan Pembayaran COD Menggunakan DANA

By Cakrawala, Rabu, 16 Oktober 2019 | 21:00 WIB

Vincent Iswara (CEO, DANA; kiri) dan M. Feriadi (Presiden Direktur, JNE) berfoto bersama setelah mengumumkan secara resmi kerja sama DANA dan JNE menghadirkan dukungan pembayaran COD menggunakan DANA, beberapa waktu lalu di Jakarta.

DANA dan JNE (TIKI Jalur Nugraha Ekakurir) kemarin mengumumkan secara resmi kerja samanya menghadirkan dukungan pembayaran COD (cash on delivery) menggunakan DANA. Berkat kolaborasi ini, sejak minggu lalu, pembeli produk dari toko online yang memanfaatkan jasa JNE untuk pengantaran produk bersangkutan dan menggunakan metode COD untuk pembayarannya, bisa menggunakan DANA selain uang tunai untuk melakukan pembayaran tersebut. Opsi ini tentu memudahkan pembeli dan juga JNE. Pembeli misalnya tidak perlu menyiapkan uang tunai terlebih dahulu. Andai saldo di DANA tidak mencukupi, pembeli pun bisa melakukan top-up dengan mudah, seperti menggunakan internet banking. Sementara, JNE tidak perlu berurusan dengan uang tunai sehingga lebih aman. Kurir JNE misalnya tidak perlu khawatir uang pembayaran itu tercecer atau dicuri orang. Selain itu, pengguna jasa JNE, contohnya yang mengirimkan barang melalui JNE, tentunya bisa pula membayar biaya jasa JNE tersebut memanfaatkan DANA.

"Kita melihat bahwa potensi kerja sama kita ke depan akan sangat baik sekali, antara DANA dan JNE. Karena kita melihat sekali, dua ini, pembayaran dan logistik adalah infrastructure foundation dari digital ekonomi di Indonesia," ujar Vincent Iswara (CEO, DANA). "Kita melihat kalau ini kita memperlebar, pembayaran, kita memperlebar transportasi, kita semua bisa melakukan dengan digital, akselerasi dari ekonomi Indonesia akan sangat cepat, dan kita akan benar-benar melihat pertumbuhan dan pengembangan yang selama ini belum kita rasakan," tambah Vincent Iswara lebih lanjut.

"Melalui kerja sama DANA dan JNE, JNE yang memang mempunyai tagline 'Connecting Happiness', kami ingin selalu bisa mengantarkan, menghubungkan kebahagiaan sehingga siapapun yang bertransaksi dengan JNE diharapkan akan banyak dapat kemudahan-kemudahan," sebut M. Feriadi (Presiden Direktur, JNE). "JNE melalui jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, ada tujuh ribu lebih jaringan, inilah tentunya yang nantinya akan menggunakan fasilitas DANA tersebut," jelas M. Feriadi lagi sambil menekankan semua transaksi yang terjadi di berbagai counter JNE bisa dibayar menggunakan DANA.

Langkah kerja sama yang diambil DANA dan JNE ini selaras dengan hasil dua survei yang dilakukan oleh DANA beberapa waktu lalu di empat kota besar Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta. Survei pertama mencoba mengukur besarnya porsi masyarakat yang sudah menggunakan dompet digital, sedangkan survei kedua mencoba mengukur besarnya porsi masyarakat yang sudah menggunakan e-commerce. Hasil dari survei pertama menunjukan lebih dari 50% responden di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta sudah menggunakan dompet digital. Sementara, hasil dari survei kedua menunjukkan lebih dari 75% responden di tiap-tiap kota sudah memanfaatkan e-commerce.

JNE sendiri mengarisbawahi hasil survei ecommerceIQ yang dikutipnya dari https://dailysocial.id. Survei tersebut menunjukan bahwa opsi pembayaran yang lebih banyak, menjadi salah satu faktor penilaian responden terhadap suatu e-commerce. Pasalnya, faktor lain seperti pengantaran yang cepat diyakini JNE sudah berhasil ditawarkannya sejak lama, sedangkan opsi pembayaran yang didukung, dinilai JNE masih kurang. Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah kerja sama JNE dengan DANA. Tanggapan dari pengguna JNE pun diklaim positif dengan ribuan pembayaran menggunakan DANA telah terjadi sejak tersedianya opsi tersebut sekitar seminggu lalu, dan mayoritas dari pembayaran itu adalah untuk COD.