Find Us On Social Media :

Zilingo Permudah Para Perempuan Jadi Pengusaha Pakaian Lewat SheWorkz

By Rafki Fachrizal, Kamis, 17 Oktober 2019 | 11:06 WIB

Ankiti Bose (CEO dan Co-founder, Zilingo) saat menjelaskan mengenai program ‘SheWorkz’ yang baru diluncurkan oleh ZIlingo

Selama ini, perempuan merupakan kalangan yang kurang terwakili dan terkompensasi dengan baik dalam ekonomi global.

Di Asia Selatan dan Tenggara, perempuan hanya berkontribusi sekitar 31% untuk tenaga kerja dengan kontribusi yang jauh lebih kecil terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), yaitu hanya sebesar 24%.

Padahal, laporan dari McKinsey Global Institute menunjukkan bahwa dengan memajukan kesetaraan perempuan di tempat kerja dapat menambah $12 triliun ke PDB global pada tahun 2025, 11 persen lebih besar dari proyeksi bisnis yang ada saat ini.

Berangkat dari kondisi tersebut, Zilingo mengumumkan inisiatif program terbarunya yakni SheWorkz,yang merupakan sebuah program manufaktur terdesentralisasi terbesar yang memberdayakan perempuan yang bergerak di bidang usaha mikro khususnya untuk fashion (pakaian).

Lewat program ini, Zilingo memberikan kesempatan pada para perempuan yang ada di rumah untuk memanfaatkan waktu luang dan ruang di rumah mereka dengan memberikan mereka pelatihan kerja, pendanaan, dan peluang pengembangan bisnis.

Baca Juga: Mengenal Motion Sense, Teknologi Radar Yang Digunakan Google Pixel 4

Ankiti Bose selaku CEO dan Co-founder, Zilingo, mengatakan “Pada intinya, program ini mengatasi hambatan mendasar bagi para perempuan untuk memasuki dunia kerja. Misalnya, program SheWorkz menyediakan jam kerja yang fleksibel untuk menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga dengan memungkinkan perempuan untuk bekerja dari rumah.”

Lebih lanjut, peluncuran program ini juga sekaligus menandai lahirnya pembentukan klaster busana pertama di Indonesia untuk menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Kemenko Perekonomian, yang disebut klaster “Busana dan Gaya Hidup”.

Menanggapi terkait program ini, Darmin Nasution selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, mengungkapkan, “Melalui program ini, Zilingo mampu menjangkau segmen baru dari masyarakat yang membutuhkan dukungan. Saya percaya bahwa para perempuan di industri manufaktur garmen akan mendapat manfaat dari pelatihan vokasi yang diberikan oleh Zilingo serta pinjaman modal usaha yang disalurkan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Hal ini tentunya tidak hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun juga memperluas keuangan inklusif bagi para perempuan yang bercita-cita menjadi wirausaha mikro.”

Selain di Indonesia, Zilingo nantinya juga menargetkan untuk memperluas jangkauan SheWorkz dan meningkatkan keterampilan lebih dari 2.000 wanita di negara-negara seperti India, Bangladesh, Vietnam, dan Kamboja pada tahun 2022.

Baca Juga: DANA dan JNE Berkolaborasi Hadirkan Pembayaran COD Menggunakan DANA