Find Us On Social Media :

Micron Akan Hadirkan SSD dengan 3D XPoint yang Diklaim Tercepat

By Cakrawala, Senin, 28 Oktober 2019 | 19:30 WIB

Micron X100 SSD

Anda mungkin familier dengan Intel Optane yang bisa menawarkan kecepatan lebih tinggi dibandingkan SSD "biasa". Intel Optane memanfaatkan 3D XPoint yang memungkinkan kecepatan lebih tinggi dibandingkan NAND flash memory yang umum digunakan oleh SSD. Teknologi 3D XPoint sebenarnya dikembangkan bersama oleh Intel dan Micron, tetapi sejauh ini hanya Intel yang sudah menawarkan produk menggunakan 3D XPoint itu di pasar dunia. Nah, baru saja Micron mengumumkan mengenai X100 SSD yang menggunakan 3D XPoint. X100 SSD ini kelihatannya akan menjadi produk 3D XPoint Micron pertama yang akan tersedia di pasar dunia. Tidak sekadar menghadirkan produk 3D XPoint pertamanya, Micron bahkan mengklaim X100 SSD sebagai SSD tercepat di dunia.

"Produk inovatif Micron X100 menghadirkan potensi disruptive dari teknologi 3D XPoint ke data center, menggerakkan terobosan peningkatan kinerja untuk berbagai aplikasi dan membolehkan aneka model penggunaan yang seluruhnya baru," kata Sumit Sadana (Executive Vice President and Chief Business Officer, Micron). "Micron adalah satu-satunya penyedia solusi DRAM, NAND, dan 3D XPoint yang terintegrasi secara vertikal, dan produk ini meneruskan evolusi dari portofolio kami menuju solusi yang bernilai lebih tinggi yang mengakselerasi berbagai kemampuan artificial intelligence, mendorong data analytics yang lebih cepat, dan menghasilkan aneka insight baru untuk konsumen kami," imbuh Sumit Sadana lagi.

X100 SSD diklaim Micron mampu menawarkan bandwidth untuk baca, tulis, dan kombinasi keduanya lebih besar dari 9 GB/s; sampai 2,5 juta IOPS (input/output operations per second), dan latensi baca tulis sebesar 8 µs atau kurang. Dengan kata lain, Micron mengklaim X100 SSD mampu menawarkan bandwidth baca, tulis, dan kombinasi keduanya yang lebih tinggi sampai tiga kali dari SSD masa kini, jumlah IOPS yang lebih dari tiga kali lebih banyak dari SSD dengan NAND flash memory saat ini, dan latensi baca tulis yang sebelas kali lebih baik dari SSD dengan NAND flash memory masa sekarang.

Selain kinerja yang lebih tinggi, 3D XPoint juga diklaim menawarkan durabilitas yang lebih baik dari NAND flash memory. Di tingkatan cip, 3D XPoint diklaim menawarkan durabilitas yang seribu kalinya NAND flash memory.

Adapun antarmuka yang digunakan Micron X100 SSD adalah PCI Express 3.0 x16. Antarmuka ini diperlukan agar tidak menjadi bottleneck terhadap kinerja yang ditawarkan SSD baru Micron tersebut. Micron X100 SSD sendiri akan mulai di-sampling ke konsumen tertentu pada kuartal ini.