Find Us On Social Media :

YI Technology Hadirkan Dua Perangkat Smart Home Baru di Indonesia

By Cakrawala, Kamis, 31 Oktober 2019 | 22:00 WIB

Miji Sarwono (Country Marketing Manager Indonesia, YI Technology; kanan) berfoto bersama Stephanie Hakim (Vice President, Harapan Karunia Makmur) usai menjelaskan YI Dome Camera X dan YI Home Camera 3 di peluncuran resmi kedua produk smart home itu beberapa waktu lalu.

YI Technology baru saja menghadirkan secara resmi dua perangkat smart home barunya di tanah air. Kedua perangkat tersebut adalah Dome Camera X dan Home Camera 3. Tak sekadar mengandalkan kemudahan instalasi dan harga yang terjangkau, YI Technology juga mengunggulkan AI (artificial intelligence) di kedua produk IP camera-nya itu. Yang terakhir ini bisa membantu YI Dome Camera X dan YI Home Camera 3 mengenali suatu pergerakan secara lebih akurat. Alhasil, pengguna YI Dome Camera X dan YI Home Camera 3 tidak hanya bisa dengan mudah memeriksa kondisi di rumah, melainkan juga mendapatkan peringatan yang lebih akurat.

"Kami ingin menciptakan, menciptakan dan membangun produk dengan solusi-solusi berbasis teknologi artificial intelligence, yang praktis, yang terjangkau, dan bisa diakses oleh semua, oleh semua orang. Kami ingin produk kami bisa dipakai untuk semua consumer maupun semua bisnis," sebut Miji Sarwono (Country Marketing Manager Indonesia, YI Technology) mengenai visi dari YI Technology.

YI Dome Camera X adalah IP camera yang memiliki kemampuan untuk melakukan pan dan tilt. Dengan kata lain, YI Dome Camera X bisa mengambil gambar suatu area secara 360° karena bisa berputar ke kiri, ke kanan, ke atas, dan ke bawah. Selain bisa dikontrol pergerakkannya secara manual oleh pengguna melalui aplikasi di smartphone, YI Dome Camera X, seperti telah disebutkan, juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi benda yang bergerak dan mengikutinya. Berkat AI, YI Dome Camera X diklaim bisa membedakan manusia, binatang peliharaan, dan benda bergerak lainnya. Pengguna bisa menentukan benda bergerak yang bagaimana yang akan memicu YI Dome Camera X mengirimkan peringatan. Pengguna juga bisa menentukan titik-titik mana saja yang secara berkala dipantau oleh IP camera dengan dukungan night vision ini.

Tak hanya kemampuan deteksi secara visual, YI Dome Camera X juga mendukung pendeteksian secara audio. YI Dome Camera X diklaim bisa mendeteksi suara tertentu seperti kaca pecah dan tangisan bayi. Terdapat pula dukungan audio dua arah dan time-lapse. Adapun resolusi tertinggi yang didukung oleh YI Dome Camera X adalah 1.920 x 1.080 piksel dengan frame rate 20 fps. Sudut pandang kameranya sendiri adalah 110°.

YI Dome Camera X menawarkan kemampuan pan dan tilt sehingga bisa mengambil gambar secara lebih luas.

Sementara, YI Home Camera 3 merupakan IP camera yang fixed alias tidak dilengkapi motor untuk pan dan tilt. Namun, stand atau dudukannya dilengkapi dengan magnet sehingga YI Home Camera 3 bisa ditempelkan dengan mudah di permukaan logam. Mirip dengan YI Dome Camera X, YI Home Camera 3 memiliki kemampuan untuk membedakan manusia dengan benda bergerak lainnya. Hadir dengan mikrofon dan speaker, IP camera ini mendukung audio dua arah. Begitu pula dengan deteksi suara tertentu seperti seperti kaca pecah dan tangisan bayi; YI Home Camera 3 mendukungnya. Seperti YI Dome Camera X, YI Home Camera 3 memiliki resolusi perekaman tertinggi sebesar 1.920 x 1.080 piksel dengan frame rate 20 fps. Sudut pandangnya sendiri adalah 107°. YI Home Camera 3 juga dilengkapi dengan night vision dan mendukung aplikasi smartphone YI Home.

Baik YI Dome Camera X maupun YI Home Camera 3, keduanya sama-sama menyediakan slot micro-SD dan mendukung YI Cloud untuk penyimpanannya. Slot micro-SD-nya mendukung micro-SD dengan kapasitas sampai 128 GB. Adapun YI Cloud bisa menyimpan rekaman yang dipicu oleh suatu pendeteksian selama tujuh hari. Bila ingin menyimpan rekaman lebih lama di YI Cloud, pengguna bisa meningkatkan langganan YI Cloud-nya dari versi dasar yang gratis dengan membayar sejumlah uang.

YI Dome Camera X ditawarkan dengan harga Rp749.000, sedangkan YI Home Camera 3 dengan harga Rp529.000. Selama Indocomtech 2019 yang sedang berlangsung, YI Technology memberikan diskon sehingga YI Dome Camera X menjadi seharga Rp699.000 dan YI Home Camera 3 menjadi seharga Rp499.000. Bila Anda membeli YI Dome Camera X ataupun YI Home Camera 3, Anda juga akan mendapatkan micro-SD berkapasitas 16 GB.