Find Us On Social Media :

Hands-on realme XT: Penerus seri X dengan Quad Camera dan 64 MP

By Dayu Akbar, Rabu, 30 Oktober 2019 | 08:00 WIB

realme jadi salah satu merek yang cukup gencar meluncurkan smartphone di kelas menengah. Setelah sebelumnya meluncurkan realme X, tidak berselang lama hadir realme XT. Segmen yang dituju pun masih sama yaitu generasi milenial yang dinamis. Begitu pula fitur unggulannya yang mengedepankan fitur kamera, performa gaming, dan desain kekinian. Namun yang paling diangkat dari smartphone teranyar ini adalah penggunaan quad camera  atau empat kamera serta resolusi-nya yang mencapai 64MP.Dari sisi desain, realme XT tidak meninggalkan ciri khas dari smartphone kelas menengah yang kekinian. Usung layar dengan tampilan luas, seri XT ini menggunakan notch dengan model waterdrop. Sedangkan ukuran layarnya sebesar 6,4 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel yang menggunakan panel Super AMOLED sehingga tampilan lebih tajam dan cerah.

Bodinya menggunakan frame polycarbonate namun bagian belakangnya sudah menggunakan lapisan kaca. Bodi belakangnya ini menggunakan desain 3D curve glass dengan bentuk sedikit lengkung sehingga menghasilkan desain visual yang elegan dan menarik. Desain ini cukup ergonomis saat digenggam, tidak kebesaran dan terasa pas di tangan. Empat kamera utama ditempatkan di pojok kiri atas dengan posisi vertikal dengan LED flash di sebelahnya. Tidak terdapat sensor fingerprint di bagian belakang ini.

Untuk perlindungan, bodi belakang dan layarnya sudah terpasang Gorilla Glass 5 yang mampu melindungi goresan dan juga terjatuh dari ketinggian tertentu. Dan lagi-lagi dengan lapisan glossy, bagian belakang ini mudah sekali kotor oleh jari. Ketika Anda memegangnya, otomatis bercak sidik jari akan tertempel pada bodi tersebut. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan case agar tidak repot terlalu sering membersihkannya. Untuk pilihan warna, realme XT tersedia dalam warna Pearl White dan Pearl Blue.

Tombol fisik Power ada di kanan dan tombol Volume di sebelah kiri serta diatasnya ada slot kartu menggunakan kompartemen yang bisa menampung hingga tiga kartu sekaligus, yaitu dua karti SIM dan satu kartu microSD. Bagian sisi bawah ada jack audio 3.5mm, lubang reset, port USB type-C, dan speaker mono.Untuk spesifikasinya, realme XT menggunakan SoC Snapdragon 712 AIE 10nm Octa-core CPU dengan arsitektu 10nm. Untuk memori menggunakan RAM LPDDR4X dan storage UFS 2.1 dengan pilihan 4GB/128GB dan 8GB/128GB.

Fitur empat kameranya masing-masing terdiri dari resolusi 64 MP dengan aperture f/1.8, kamera ultra wide 8 MP F/2.2 dengan perspektif 119 derajat, kamera ultra-macro 2 MP, dan juga kamera potrait/bokeh dengan resolusi 2 MP. Sedangkan kamera selfienya, smartphone ini juga dibekali dengan sensor 16 MP f/2.0 dari Sony IMX471.Sistem operasi yang diusungnya yaitu Android 9.0 Pie dengan antarmuka ColorOS 6 yang menawarkan fitur-fitur seperti Game Boost (Game Space), realme Share, Screen Off Clock (AOD), Clone Apps, Digital Wellbeing, sampai Parental Control. Sedangkan untuk sensornya terdiri dari Accelerometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Hall Sensor, RGB Light Sensor, & Proximity Sensor.

Sekilas, kami juga sempat melihat aplikasi kamera-nya. Disini terdapat pilihan mode yang terdiri dari Ultra 64 MP, mode malam, panorama, mode pakar (expert atau manual), serta time-lapse. Sedangkan pilihan videoya terdiri dari resolusi 720p, 1080p, dan 4K. Sayang tidak terdapat pilihan slow motion.realme XT dibanderol dengan harga Rp3.799.000 untuk varian versi 4+128GB, dan Rp4.499.000 untuk varian 8+128GB.