Find Us On Social Media :

Kini Google Pay Punya Fitur Otentikasi Biometrik untuk Transfer Uang

By Adam Rizal, Jumat, 1 November 2019 | 15:00 WIB

Ilustrasi Google Pay

Google kini menambah lapisan keamanan dalam layanan pembayaran mobile Google Pay dengan otentikasi biometrik untuk fitur transfer uang.

Sebelumnya, pengguna Google Pay di Amerika Serikat hanya dapat melindungi transaksi mereka dengan nomor identifikasi pribadi (PIN).

Google Pay menambahkan otentikasi biometrik untuk transfer uang bagi pengguna yang memiliki ponsel dengan Android 10, seperti Pixel 4 atau One Plus 7T seperti dilansir Phone Arena.

Opsi keamanan terbaru tersebut hanya kompatibel dengan API biometrik Android 10 sehingga tidak mungkin untuk ponsel yang menjalankan versi sistem operasi sebelumnya, kecuali mungkin sebagian Android 9 yang mencakup integrasi sidik jari untuk otentikasi biometrik, tetapi tidak terintegrasi.

Bagi mereka yang menggunakan ponsel Android 10, selain menggunakan PIN, Google Pay kini memungkinkan mereka untuk menggunakan sidik jari atau wajah mereka untuk otentikasi transaksi.

Aplikasi Google Pay yang diperbarui untuk Android 10 tidak memengaruhi aspek lain seperti pembayaran NFC, jadi pengguna hanya akan dapat menggunakan otentikasi biometrik ketika mengirim uang.

Gandeng PayPal

Google memperluas kerja sama dengan PayPal untuk memungkinkan merchant punya lebih banyak cara menerima pembayaran online.

Google Pay kini akan mendapatkan keuntungan dari integrasi dengan PayPal di 24 negara. Pengguna di 24 negara, bisa menghubungkan akun PayPal mereka ke Google Pay.

Merchant yang memungkinkan PayPal sebagai metode payment dalam integrasi Google Pay, memudahkan konsumen melakukan check out di website maupun aplikasi dengan mulus.

Pada dasarnya, kemudahan ini membuat pengguna tidak perlu lagi sign in ke PayPal ketika mereka menggunakannya bersama Google Pay seperti dikutip GSM Arena.

Konsumen bisa berganti di antara kartu debit, kartu kredit dan akun PayPal hanya dengan memilih Google Pay saat checkout.

Bagi merchant sendiri, mengaktifkan integrasi PayPal di Google Pay akan memudahkan mereka mendapatkan semua keuntungan yang saat ini mereka punya, termasuk kemampuan menerima pembayaran langsung ke akun PayPal Business mereka dalam hitungan menit, tanpa persyaratan minimal proses.