Find Us On Social Media :

Unboxing dan Hands-on Redmi Note 8 Pro: Pesona Tiga Jutaan ala Xiaomi

By Dayu Akbar, Rabu, 6 November 2019 | 07:00 WIB

Xiaomi secara resmi telah meluncurkan dua seri smartphone Redmi Note 8 series untuk pasar tanah air, yaitu Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro. Dan kali ini kami akan memberikan ulasan singkat mengenai apa yang ditawarkan dalam paket penjualan dari seri tertingginya, Redmi Note 8 Pro. Seri ini sendiri memiliki keunggulan antara lain penggunaan chipset terbaru dari Mediatek yaitu seri Helio G90T dan pengunaan empat kamera belakang dengan resolusi maksimal 64 MP. 

Paket penjualannya menampilkan kotak dengan dominasi warna putih serta tulisan Redmi Note 8 Pro berukuran besar di bagian depannya. Kotak ini memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda dengan ukuran unitnya.

Dalam kotak penjualannya, selain unit Redmi Note 8 Pro sudah terdapat daptor 18 watt yang support fast charging, kabel data USB type-C, SIM ejector, buku manual, stiker IMEI, dan tidak ketinggalan jely case transparan. Yang tidak terdapat pada paket penjualan ini adalah earphone.Redmi Note 8 Pro tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu pearl white (putih), forest green (hijau), dan mineral grey (abu-abu). Dan kebetulan unit yang kami coba memiliki warna pearl white di bagian belakangnya.

Xiaomi menggunakan penamaan warna pearl white karena bodi tersebut memiliki tampilan putih mengkilap dengan pola khusus dan memantulkan efek keren saat terkena pantulan cahaya.

Bagian belakangnya memiliki bentuk yang agak melengkung sehingga terasa lebih ergonimis saat digenggam, begitu pula dengan kemmpat sudutnya. Meski menggunakan material berbahan plastik tapi sudah dilindungi dengan lapisan Gorilla Glass 5 yang membuatnya lebih tahan terhadap goresan.Dengan lapisan tersebut, bodi belakang ini memang masih mudah kotor oleh sidik jari atau bercak tangan saat dipegang tapi tidak sekotor jika menggunakan lapisan berbahan glossy. Tapi tenang saja, untuk membersihkannya mudah, cukup di lap dengan kain kering.

Di bagian ini, Xiaomi menempatkan kamera belakang secara vertikal di bagian tengan. Memiliki empat kamera, tapi khusus kamera keempat diletakkan terpisah. Dengan posisi vertikal dalam satu frame, terdapat tiga kamera dan bagian paling bawah ternyata merupakan sensor sidik jari. Awalnya kami mengira ini merupakan kamera keempat. Untuk kamera keempat ternyata diletakkan di sebelahnya berada satu frame dengan lampu kilat.Untuk posisi ini tidak ada masalah, hanya saja frame pada kamera ini sedikit menonjol. Jadi jika meletakkan smartphone dalam posisi terlentang, frame ini akan mengganjal.

Beralih ke bagian depan, layarnya juga punya tampilan kekinian dan khas smartphone kelas menengah yaitu digunakannya notch dengan desain dew drop. Sisi-sisi bezel-nya standar dan cukup tipis. Malah untuk bezel sisi bawahnya lebih tipis dibanding Redmi Note 8. Dengan desain ini, ukurannya yang 6,53 inci memang terlihat lebih luas. Panel layar yang digunakan yaitu IPS dan memiliki resolusi 1080 x 2340 piksel. Mirip dengan bagian belakang, layar ini juga sudah terlindung dengan lapisan Gorilla Glass 5. Tidak heran untuk smartphone ini layarnya tidak menggunakan screen protector tambahan.

Untuk tombol fisik, sisi kanan ada tombol volume dan power. Sisi kiri terdapat slot kartu yang berisi kompartemen berjenis hybrid dan mampu menampung satu kartu SIM dan satu kartu microSD atau dua kartu SIM tanpa kartu microSD. Sisi bawah menyediakan konektivitas berupa posrt USB type-C, satu port jack audio 3.5mm, satu lubang reset, dan speaker mono. Dan bagian atas terdapat mikrofon dan sensor infra red yang bisa berfungsi sebagai remote control untuk peralatan elektronik.

Redmi Note 8 Pro menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dibalut dengan antarmuka MIUI Global 10.4.2. Disini Xiaomi banyak menyematkan fitur-fitur yang membuat experience menjadi lebih menyenangkan serta memudahkan pengguna dalam menggunakannya. Misalnya saja, ada fitur Game Turbo untuk kelancaran bermain game, Dark Mode untuk tampilan yang kenyamanan mata saat dalam kondisi remang atau gelap, keamanan akses dengan adanya fingerprint dan face unlock, optimalisasi dan mode hemat baterai, sampai Enterprise Mode untuk keamanan data bagi pengguna korporat. Paket penjualan Redmi Note 8 Pro terdiri dari dua varian yang dibedakan berdasarkan kapasitas RAM dan penyimpanannya. Untuk versi RAM 6 GB dan penyimpanan 64 GB dijual dengan harga Rp2.999.000, sedangkan versi RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB dibanderol dengan harga Rp3.399.000