Find Us On Social Media :

Cara Mencegah Sembarang Orang Menambahkan Anda ke Grup Whatsapp

By Wisnu Nugroho, Jumat, 8 November 2019 | 07:46 WIB

Ilustrasi Facebook dan WhatsApp

Anda mungkin pernah mengalami kejadian ketika tiba-tiba ditambahkan seseorang ke sebuah grup Whatsapp. Padahal, Anda tidak pernah mengizinkan orang tersebut untuk menambahkan Anda ke sebuah grup.

Selama ini, Whatsapp memang tidak memiliki mekanisme yang mencegah Anda untuk dimasukkan ke grup Whatsapp. Semua pengguna Whatsapp dengan mudah menambahkan Anda ke sebuah grup Whatsapp. 

Namun kini, Whatsapp memiliki fitur baru yang membuat Anda memiliki kendali atas siapa yang bisa menambahkan Anda ke grup Whatsapp. “Salah satu masukan yang sering kami terima adalah kontrol lebih besar atas siapa yang bisa memasukkan pengguna ke grup Whatsapp,” ungkap Whatsapp melalui blog resminya. 

Fitur pengelolaan grup ini bisa Anda temui di Settings>Account>Privacy>Groups. Di sana, akan ada tiga pilihan: Everyone, My Contacts, dan My contacts except… Nah, Anda bisa memilih pilihan tersebut sesuai selera Anda.

Secara default, pilihannya adalah Everyone atau semua orang bisa memasukkan Anda ke grup (sama seperti selama ini). Untuk pilihan My Contacts artinya hanya orang yang ada di kontak yang bisa memasukkan Anda ke grup. 

Sedangkan pilihan My contacts except… berarti semua kontak bisa memasukkan Anda ke grup, kecuali beberapa orang yang Anda tentukan. Pilihan ini cocok untuk mencegah kontak Anda yang “terlalu rajin” membuat grup Whatsapp dan memasukkan Anda ke grup tersebut.

Jika orang yang Anda larang mencoba memasukkan Anda ke grup, akan muncul notifikasi seperti ini

Jika kontak yang Anda larang ini mencoba menambahkan Anda ke grup Whatsapp, ia akan mendapatkan pop-up message. Isinya berupa notifikasi tidak bisa menambahkan Anda ke grup, serta pilihan untuk mengirimkan undangan pribadi untuk bergabung ke grup. Undangan pribadi ini sendiri akan hangus atau expire dalam tiga hari.

Pilihan My contacts except… sebenarnya adalah pengganti opsi sebelumnya, yaitu Nobody. Pada pilihan nobody ini, semua orang tidak boleh memasukkan Anda ke grup Whatsapp tanpa persetujuan Anda. Namun pilihan nobody ini dihapus atas masukan pengguna awal fitur ini.

Namun Anda pada dasarnya tetap bisa mendapatkan pilihan Nobody ini. Caranya pilih My Contacts except… dan Select All semua kontak Anda.