Find Us On Social Media :

Hands-on Samsung Galaxy A20s: Layar dan Baterai Besar Tapi Lebih Murah

By Dayu Akbar, Rabu, 13 November 2019 | 07:00 WIB

Samsung cukup gencar meluncurkan smartphone di kelas mid-to-low melalui seri A. Digadang sebagai pengganti seri J, seri A ini menawarkan berbagai fitur yang lebih baru serta kekinian. Seri A juga berada di atas seri M yang menyasar segmen entry level. Sesuai serinya, posisi Galaxy A20s tentu saja berada diantara Galaxy A10s dan Galaxy A30s. Sebagai smartphone entry level, Galaxy A20s hadir dengan paket penjualan yang berisi aksesori sederhana. Selain unit A20s, didalam kotak hanya terdapat adaptor 15 watt yang dukung fast charging, kabel USB type-C, SIM ejector, stiker IMEI, dan buku manual. Tidak disertakan jelly case ataupun earphone.

Uniknya, unit A20s justru memiliki ukuran sedikit lebih besar dibanding Galaxy A30s. Ini dikarenakan A20s memiliki ukuran layar 6,5 inci, berbeda dengan A30s yang punya ukuran 6,4 inci. Masih memiliki desain notch yang sama yang diberi nama infinity V-display yang menampung kamera depan dengan resolusi 8 MP.Namun dari sisi panel A30s lebih baik karena menggunakan jenis Super AMOLED, sedangkan A20s menggunakan panel IPS standar dan memiliki resolusi sama dengan A30s yaitu 720 x 1560 piksel. Ini pula yang membuat A30s mampu menempatkan sensor fingerprint di layar sedangkan A20s ada dibelakang bodi.

Meski menggunakan material plastik yang juga digunakan pada seri M, namun seri A ini sedikit berbeda karena menggunakan lapisan glossy dengan motif yang dibuat tidak monoton. Tiap sudut dibuat melengkung sehingga membuatnya ergonomis dan memiliki estetika yang lebih menarik.Desain cover ini jelas lebih keren dan menarik, namun sayangnya justru jari fingerprint magnet yang gampang meninggalkan sidik jari pada bagian ini. Untuk dibersihkannya pun mesti dilap berkali-kali menggunakan kain halus kering.Pada bagian ini terdapat tiga kamera utama yang tersusun secara vertikal dengan LED flash dibawahnya. Kamera paling atas punya resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2 yang punya fungsi sebagai depth camera untuk menghasilkan foto bokeh.

Untuk kamera keduanya sebagai kamra utama yang memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan lebih lebar yaitu f/1.8. Sedangkan kamera ketiganya yaitu sebagai ulta wide camera dengan resolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2. Mode ultra wide ini memiliki sudut padang 120 derajat dari sudut panjang stndar yang hanya 77 derajat.Berbeda dengan A30s yang tidak menyertakan sensor fingerprint di bagian belakang, A20s ini justru menyertakannya. Posisinya standar berada di tengah-tengah cover belakang. Untuk tombol fisik, tombol Power ada di sisi kanan dan tombol Volume serta slot kartu ada di sisi kiri. Pada slot kartu ditempatkan kompartemen dengan model non-hybrid yang artinya bisa ditempatkan dua SIM sekaligus dengan satu kartu microSD. Untuk sisi bawah terdapat jack audio 3.5mm, port USB type-C, speaker, dan lubang reset.

Galaxy A20s menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan tampilan antarmuka yang sama dengan varian Galaxy seri A lainnya yaitu One UI. Untuk spesifikasinya dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 450, kapasitas RAM 4 GB dan internal memori 64 GB. Untuk baterainya memiliki kapasitas 4000 mAh dan sudah mendukung fitur pengisian daya cepat dengan disertakannya adaptor 15 watt.Hadir dengan pilihan warna hitam, merah, dan hijau, Samsung Galaxy A20s secara resmi dibanderol seharga Rp2.799.000.