Find Us On Social Media :

Hands-on ASUS ZenBook UM431DA: Tampilan Premium, Harga Menggoda

By Dayu Akbar, Jumat, 15 November 2019 | 17:15 WIB

ASUS baru saja mengumumkan kehadiran salah satu laptop seri ZenBook pertama mereka yang berkolaborasi dengan AMD melalui ZenBook UM431DA.Seri ini hadir dalam dua varian yang masing-masing dipersenjatai dengan prosesor AMD Ryzen 5 3500U dan AMD Ryzen 7 3700U. Karena menggunakan chip grafis yang terintegrasi dengan prosesor, untuk Ryzen 5 menggunakan Radeon Vega 8 Graphics dan Ryzen 7 menggunakan Radeon Vega 10 Graphics.Sedangkan untuk spesifikasi lainnya sama. Kapasitas RAM DDR4 sebesar 8 GB, storage SSD-nya 512GB M.2 PCIe, dan layarnya berukuran 14 inci dengan panel IPS-level serta resolusi full-HD.

Dirancang untuk mereka yang sangat mobile, desain laptop ini dibuat dengan dimensi yang ringkas dan bobot yang ringan. Tampilannya juga terlihat premium. Bodinya dibalut dengan logam khusus yang ringan dan kuat. Hadir dengan warna silver yang bermotif membuatnya terlihat tidak kaku dengan nuansa premium. Bodi ini juga diklai ASUS telah mengantongi sertifikasi ketahanan standar militer (Military Grade) MIL-STD 810G.

Ukurannya yang ringkas juga berkat penggunaan teknologi NanoEdge Display yang merupakan teknologi layar premium dengan ukuran bezel sangat tipis. Ini membuat keseluruhan ukuran bodi laptop dapat dipangkas dan menjadi tampil lebih kecil dari laptop sekelas.

Yang menarik, laptop ini menggunakan engsel dengan desain yang disebut ergolift. Saat layar dibuka, engsel ini akan mengangkat ujung keyboard hingga beberapa derajat guna memberikan kenyamanan saat mengetik. Sesuai dengan ukurannya yang ringkas, keyboard tidak menyertakan area numpad ataupun tombol multimedia maupun shortcut. Untuk kenyamanan mengetik saat kondisi kurang cahaya, tombol-tombol sudah menggunakan LED backlit warna putih.

Di bagian bawah terdapat touchpad tanpa tombol klik kiri dan kanan yang sudah disematkan sensor sidik jari di sisi atasnya. ASUS menggunakan speaker Harman Kardon dan menempatkan area speaker di dua sisi keyboard guna memberikan keluaran suara yang lebih kencang.

ZenBook UM431DA dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Port USB Type-A dan Type-C untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan serta port HDMI output untuk menghubungkan laptop ini dengan perangkat display tambahan.

Selain itu terdapat juga combo audio jack dan SD card reader untuk kebutuhan transfer data dengan perangkat lain. Untuk konektivitas, sudah dilengkapi dual-band WiFi dan Bluetooth 4.2. Modul WiFi yang digunakan di laptop ini adalah WiFi 5 802.11ac yang cepat dan kompatibel dengan sebagian besar router.Untuk harganya, ZenBook UM431DA dengan Ryzen 5 dibanderol dengan harga Rp9.999.000, sedangkan untk varian Ryzen 7 memiliki harga Rp12.299.000.