Find Us On Social Media :

Inilah Lima Profesi IT di Industri Perbankan yang Menarik Diketahui

By Rafki Fachrizal, Jumat, 15 November 2019 | 18:30 WIB

Ilustrasi profesi IT di dunia perbankan.

Hadirnya teknologi-teknologi baru di era transformasi digital mendorong peningkatan akan kebutuhan tenaga kerja di bidang IT.

Mulai dari perusahaan startup hingga perusahaan besar dari berbagai industri, mereka kini terus mencari talenta terbaik untuk mendorong kemajuan bisnisnya.

Seperti di industri perbankan misalnya. Dikutip dari IndonesiaX, platform kursus daring (Massive Open Online Courses/MOOC), terdapat lima profesi IT di dunia perbankan yang menarik untuk diketahui dan mungkin juga bisa menjadi incaran bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang IT.

Apa saja profesi IT di perbankan tersebut? Berikut daftarnya.  

1. IT Support Office

Bertugas dalam memberikan dukungan IT di seluruh outlet atau cabang milik bank.

2. Network Administrator

Memiliki peran untuk mengelola infrastuktur teknologi informasi, terutama dalam hal jaringan teknologi informasi, baik di outlet, ATM, maupun di kantor pusat.

3. System Analyst

Menganalisis sistem dengan mempelajari masalah-masalah yang timbul dalam lingkungan bisnis perbankan, menentukan kebutuhan-kebutuhan pengguna, dan menghasilkan solusi teknologi informasi yang dapat digunakan oleh bank.

4. Auditor Internal

Memastikan kebijakan dan ketentuan yang ditetapkan oleh manajemen telah dipatuhi, menentukan baik atau tidaknya penjagaan terhadap aset perusahaan, menentukan efisiensi dan efektivitas prosedur kegiatan organisasi, serta menentukan keandalan informasi yang dihasilkan oleh berbagai divisi di perusahaan.

5. Database Administrator

Bertugas mengelola database yang digunakan dalam sistem perbankan. Dalam hal ini seperti melakukan instalasi, desain, migrasi, pengawasan, troubleshooting, serta melakukan backup dan data recovery.