Find Us On Social Media :

Hands-on OPPO A9 2020: Quad Camera dan Kapasitas Serba Besar

By Dayu Akbar, Senin, 18 November 2019 | 09:45 WIB

Survey IDC mengumumkan bahwa smartphone OPPO menduduki posisi teratas pasar smartphone Indonesia pada kuartal III 2019. Oppo meraih 26,2 persen pangsa pasar di Indonesia berkat gencarnya produk-produk smartphone yang diluncurkannya tahun ini. Dari beberapa produk tersebut, OPPO memiliki varian smartphone yang salah satunya yaitu OPPO A9 2020. OPPO A9 2020 dengan kapasitas RAM 8 GB dan storage 128 GB dibanderol dengan harga Rp3.999.000. Dengan harga serta spesifikasi yang ditawarkan, smartphone ini memang menyasar kelas menengah untuk pengguna muda yang kekinian. Sebelum mengulas lebih jauh, kami berkesempatan melihat apa yang ditawarkan OPPO A9 2020 dalam paket penjualannnya. Selain unit OPPO A9 2020, dalam paket penjualan terdapat satu adaptor charger, kabel data USB type-C, earphone, SIM ejector, kertas manual, kertas garansi, dan tidak ketinggalan jelly case transparan yang berguna melindungi bodi smartphone dari bercak sidik jari.

Beralih ke unit, bagian depan menampilkan layar dengan ukuran 6,5 inci. Panel yang digunakannya yaitu IPS yang sudah dilindungi lapisan anti gores, tidak heran kali ini layarnya tidak menggunakan screen protector tambahan. Layarnya memiliki ukuran bezel yang tipis di tiap sisi serta desain notch waterdrop.Untuk bodi belakang, menggunakan bahan plastik polycarbonat yang memang biasa digunakan pada smartphone kelas menengah. Hadir dalam dua pilihan warna yaitu space purple (ungu) dan marine green (hijau), unit yang kami terima yitu marine green memang terlihat keren. Efek warna yang dibuat dengan gradasi menampilkan warna yang tidak monoton dan kekinian.

Bodinya menampilkan estetika dengan lengkungan 3D, tidak hanya pada bagian belakang tapi juga di tiap sudut. Dimensinya cukup ergonomis saat digenggam. Hanya saja dengen motif glossy, lapisan tersebut mudah kotor oleh bercak tangan atau jari.Di bagian ini terdapat tulisan OPPO serta kalimat Designed for A-Series yang menegaskan bahwa rancangan ini sedikit berbeda dengan seri OPPO lainnya. Di bagian atasnya terdapat sensor sidik jari berbentuk lonjong. Di dekatnya terdpat tiga kamera yang tersusun dalam satu frame yang agak menonjol. Sedangkan satu kamera lainnya di buat terpisah dan berada satu tempat dengan LED flash.

Khusus untuk posisi tiga kamera ini, frame-nya yang menonjol memang agak sedikit mengganjal, terutama saat smartphone diletakkan dalam posisi terletang. Solusinya, Anda bisa menggunakan jelly case bawaan untuk memuat dudukannya mantap dan juga melindungi bodi dari goresan atau kotoran debu.A9 memisahkan letak tombol fisik Power dan Volume. Tombol Power ada di kanan dan Volume di kiri. Menurut kami ini cukup menyenangkan guna menghindari kesalahan menekan tombol. Sedangkan posisi slot kartu ada di atas tombol Volume yang berisi kompartemen non-hybrid. Artinya, Anda memasang tiga kartu sekaligus yang terdiri dari dua kartu SIM dan satu kartu microSD.

Untuk sisi bawah terdapat jack audio 3.5mm, lubang microfon, port USB type-C, dan speaker. Oiya, ternyata OPPO memiliki dua speaker yang satu-nya lagi terletak di sisi atas. Jadi keluaran suaranya akan terasa stereo-nya, terutama saat unit di posisikan secara horisontal ketika bermain game atau menonton film.OPPO A9 menggunakan sistem operasi Android 9.0 berbasis interface ColorOS versi 6.0.1 yang telah disematkan fitur-fitur seperti Smart Riding Mode, Smart Assistance, Swipe-Up Gesture Navigation, serta OPPO Cloud Service. Secara default, UI-nya tanpa app drawer. Meski masih menyertakan beberapa bloatware tapi tidak banyak dan hanya dikumpulkan dalam satu folder sehingga tidak membuat tampilan aplikasi jadi terlalu banyak.

OPPO A9 2020 yang kami gunakan memiliki kapasitas RAM 8 GB dan storage 128 GB. Untuk SoC yang digunakan yaitu Snapdragon 665 yang memiliki GPU Adreno 610. Dengan spesifikasi ini, sebagian besar aplikasi yang ada di Google Play bakal lancar dan tidak akan menemui kendala dalam hal performa. Apalagi dengan kapasitas RAM besar, proses multitasking akan berjalan mulus. Sedangkan kapasitas storage yang besar mampu menyimpn data besar, misalnya menyimpan foto dengan resolusi maksimal 48 MP yang memiliki ukuran file 3 MB.